Ilustrasi
Ilustrasi

Disdukcapil Masih Tunggu Sisa Data Pemilih Tanpa NIK

BINTUNI, Cahayapapua.com— Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Teluk Bintuni masih menunggu data sisa pemilih yang tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tersebar di 20 distrik, dari KPU setempat.

Kepala Disdukcapil, Irwansyarh Nazar, Jumat (4/11) mengatakan pihaknya terus melakukan koordinasi dengan KPU terkait data pemilih. Walaupun baru empat distrik yang diserahkan, saat ini pihaknya terus melakukan pengecekan di database Disdukcapil. Apabila di database tidak ditemukan, selanjutnya akan dilakukan pengecekan secara online.

“Mereka masih mempersiapkan itu semua hasil coklit mereka, kami masih menunggu. Sudah ada empat yang masuk dan sisanya masih menunggu. Kami tetap menunggu dan terus bersinergi dengan KPU. Terus sama-sama melakukan pengecekan,” kata Irwansyah usai mengikuti apel gabungan, di halaman kantor bupati.

Dikatakan dari empat distrik yang telah diserahkan sudah dicek, dan hasilnya ada beberapa pemilih yang sudah melakukan perekaman dan memiliki NIK.

“Kemarin hasil laporan yang disampaikan oleh PPD tidak banyak. Jumlahnya ada yang sesuai dengan yang dipaparkan itu sekitar 50, ada 100, 80 perdistrik. Yang sudah masuk Distrik Aroba, Moskona Utara, Wariagar, dan satunya agak lupa,” katanya.

Kata dia, seharusnya petugas PPD dapat meilhat data-data kependudukan di masing-masing kantor distrik sebagai data dasar untuk melakukan pemutahiran data di kampung. Ia mengatakan sofcopy data kependudukan itu dari tahun ke tahun yang proses pendataanya sesuai dengan UU Nomer 23 tahun 2006 yang dirubah menjadi UU Nomer 24 tahun 2013 tentang administrasi kependudukan.

“Seperti beberapa kali di forum di KPU, kami sudah menyerahkan softcopy database kependudukan setiap distrik dan setiap kampung, sehingga teman-teman PPD, yang sekretariatnya aparat distrik dan kampung, itu bisa melihat di softcopy dan diperbanyak, lalu dibagikan ke kepala kampung untuk sama-sama melakukan pemutahiran data untuk pemilihan kepala daerah,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, dari total 45.606 Daftas Pemilih Sementara (DPS) yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Teluk Bintuni, terdapat kurang lebih 8 ribu pemilih yang tidak memiliki NIK, tersebar di 24 distrik. (ART)

 

Tinggalkan Balasan