Perpustakaan Alam Kabupaten Manokwari

Dishut Manokwari Sediakan Perpustakaan Alam

MANOKWARI, Cahayapapua.com—-  Langkah kreatif dilakukan Dinas Kehutanan Manokwari untuk mengedukasi warga mengenai lingkungan terutama pepohonan. Instansi ini menyediakan 1,7 hektar di kawasan kantor yang terletak di Jalan Sujarwo Condronegoro, Reremi,  sebagai perpustakaan alam.

Langkah ini diharapkan menambah pengetahuan warga mengenai lingkungan serta mendorong warga agar tergerak menyelematkan alam.

Sejatinya, lahan yang disebut sebagai perpustakaan ini lebih tepat disebut taman. Selama ini lokasi yang disediakan oleh Dishut menjadi tempat nongkrong warga, terutama kaum muda karena lingkungannya yang lumayan sejuk.

Dibanding hanya menjadi tempat nongkrong, Dinas mengambil langkah maju yang lebih mendidik dengan menyediakan papan informasi pada setiap pohon yang tumbuh di kawasan ini. Dengan demikian, pengunjung bisa mengetahui nama latin dari jenis pohon itu sendiri, termasuk asal, morfologi hingga manfaatnya.

Kedepan, agar lebih tepat disebut perpustakaan, dinas akan melengkapi fasilitas ini dengan taman baca yang menyediakan buku-buku dasar mengenai kehutanan.

Kepala Dinas Kehutanan Manokwari, Erens Ngabalin, Minggu (21/8) siang kepada Cahaya Papua mengatakan, sejauh ini terdapat 60 jenis pohon yang telah dalam kawasan perpustakaan alam Dishut. 60 jenis pohon tersebut terdiri dari pohon produktif asli Papua, dan juga tanaman buah seperti matoa, rambutan dan mangga. (ACS)

Tinggalkan Balasan