Kantor Imigrasi wilayah Papua Barat saat melakukan pengawasan tenaga kerja asing di perusahaan PT.SDIC Cement Papua Indonesia.

Disnaker Klaim TKA di Pabrik Semen Maruni Tinggal 100 Orang

MANOKWAR, CAHAYAPAPUA.com- Jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di Kabupaten Manokwari telah mencapai ratusan pekerja.

Sebagian besar TKA tersebut bekerja di perusahaan Semen Papua Indonesia atau PT.SDIC yang berada di kawasan Maruni, Distrik Manokwari Selatan.

Kepala Bidang Penta Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi Kabupaten Manokwari, Appi Pakilaran kepada wartawan mengatakan, saat ini yang telah terdata sudah mencapai 100 lebih.

Angka tersebut masih bisa bertambah, karena yang terdata barulah Pabrik Semen Maruni, sedangkan untuk perusahaan lainnya belum dilakukan.

“Dari data yang ada saat ini pada kami, TKA yang bekerja di Kabupaten Manokwari sebanyak 100-an. TKA ini terdiri dari mereka yang bekerja di PT.SDIC serta dua Sub kontraktor yakni CRCC 19 dan Indonesia River Engginering,”jelasnya.

Jumlah tersebut juag dipastikan bisa saja bertambah, mengingat masih terdapat beberapa sub kontraktor lainnya yang belum terdata di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Manokwari.

Dari Data yang dihimpun, ratusan TKA tersebut merupakan pekerja asal Negara China yang sengaja didatangkan untuk proyek pembangunan pabrik berstandar Internasional ini. |ADITH SETYAWAN|EDITOR : BUSTAM