Pascalina Jamlean

Disnakertrans Ingatkan Perusahaan Wajib Terapkan UMP

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Papua Barat Pascalina Yamlean mengingatkan seluruh perusahaan wajib membayar gaji karyawan sesuai standar Upah Minimum Provinsi atau UMP.

Disela Perayaan Hari Buruh Internasional yang digelar di eks kantor gubernur Jalan Siliwangi Manokwari, Senin (1/5) menjelaskan, perusahaan yang sudah mampu mempekerjakan lebih dari 10 orang tenaga kerja wajib menerapkan UMP. “UMP Papua Barat tahun 2017 sebesar Rp. 2.420.500. Penerapkan UMP dimulai dari nol tahun kerja,” kata Pascalina.

Dia menjelaskan, sesuai data Badan Pusat Statistik per-Maret 2017, jumlah tenaga kerja di daerah ini sudah mencapai  214.251 orang. Mereka tersebar pada 72.070 perusahaan, baik perusahaan yang mempekerjakan lebih dari 10 orang tenaga kerja maupun kurang dari 10 orang tenaga kerja.

Ia mengungkapkan, total perusahaan yang wajib menerapkan standar UMP sebanyak 2500 perusahaan dari total 72.070 perusahaan besar dan kecil.

Disnakertrans lanjut Yamlean, akan terus mengawasi seluruh perusahaan. Pihaknya tak ingin ada perusahaan yang enggan membayar gaji karyawan sesuai UMP. (IBN)

Tinggalkan Balasan