ilustrasi petani rumput laut, oke zone. com

Disperindag Datangkan Ahli IPB Latih Nelayan Papua Barat

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com — Pemerintah Provinsi Papua Barat menyatakan terus berupaya untuk melakukan keberpihakan terhadap Orang Asli Papua (OAP) pada seluruh sendi kehidupan. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi OAP mendapat pelatihan-pelatihan dunia usaha serta pekerjaan-pekerjaan lainnya.

Untuk mewujudkan hal itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Papua Barat berencana akan menggelar pelatihan pengelolaan rumput laut di Sorong. Kegiatan itu akan diikuti oleh para nelayan yang ada di kabupaten/kota di Papua Barat yang memiliki potensi rumput laut.
“Ini perintah bapak gubernur untuk melihat pengusaha-pengusaha orang asli Papua, sehingga kami akan menghadirkan pakar dari IPB guna memberikan pelatihan kepada peserta,” kata Kepala Dinas Perindag George Yarangga di halaman kantor Gubernur beberapa waktu lalu.
Pasalnya, pelatihan tersebut bertujuan memberikan keterampilan mengelola rumput laut untuk dijadikan nilai tambah komoditi bagi masyarakat itu sendiri. Sehingga produk yang dihasilakn di wilayah Papua Barat tidak selalu dijual dalam bentuk mentah.
“Dengan produk yang dihasilkan bisa menambah nilai saing yang bisa dijual ke antar pulau atau di ekspor,” kata dia.
Selain itu, sesuai dengan program dari kementerian perindustrian bahwa diharapkan untuk setiap daerah harus memilki produk yang unggulan ia mengatakan, pemerintah Papua Barat terus berkomitmen melakukan pembinaan-pembinaan seperti pelatihan membentuk wira usaha baru di setiap kabupaten/kota. |DINA RIANTI