Puskesmas Aisandami

Distribusi Obat ke Puskesmas Aisandami di Wondama Sering Terganggu

WONDAMA, CAHAYAPAPUA.com – Kepala Kampung Aisandami Yance Ayemseba mengungkapkan, belakangan ini distribusi obat –obatan untuk Puskesmas Aisandami, Distrik Teluk Duari – Kabupaten Teluk Wondama sering tersendat.

Sikapi itu, dia selaku perwakilan masyarakat kerap harus melapor ke dinas terkait untuk kemudian dilakukan distribusi obat. “Sebelumnya cukup lancar, tapi sekarang ini saya harus lapor dulu ke Dinas Kesehatan baru distribusi obat disalurkan,” aku Yance seraya berharap masalah ini dapat segera dicari solusinya.

Disinggung soal keberadaan tenaga medis, Yance menilai sudah cukup. “ Kita punya dua dokter dan tenaga medis lainnya yang selalu standby membantu urusan kesehatan masyarakat. Cuma itu saja kendalanya, distribusi obat dari dinas yang sering telat belakangan ini,” ujarnya saat ditemui baru – baru ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Teluk Wondama dr. Dominggus Yoteni, SKM, M.Kes yang dikonfirmasi terpisah soal ini membantah jika distribusi obat kepada Puskesmas terhambat.

“ Persediaan obat di Gudang Farmasi kita (Wondama), stok obatnya cukup. Distribusinya pun cukup lancar, mungkin kendalanya lebih kepada petugas puskesmas setempat yang lamban dalam mengajukan laporan penggunaan obat –obatan ke Dinas. Itu yang harus dipahami baik,” jelas Yoteni.

Ia pun menginstruksikan petugas Puskesmas yang berperan mengurus distribusi obat –obatan, kedepannya lebih sigap dalam hal pemenuhan obat – obatan untuk pasien dalam hal ini masyarakat yang mendiami pesisir daerah ini. |ADLU RAHARUSUN