Ilustrasi. duajurai.com

Distributor Pupuk Bersubsidi: Polisi Nilai SK Bupati Keliru

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com- Kepolisian Resor Manokwari menilai terdapat kekeliuran dalam peraturan bupati Manokwari nomor 2/2015 tentang surat keputusan distributor dan pengecer pupuk bersubsidi di Manokwari.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Manokwari AKP Tommy H Pontororing mengatakan kekeliruan dimaksud ialah masih adanya nama distributor dan pengecer dalam SK tersebut yang ternyata sudah tidak aktif.

“Ini yang ngarang-ngarang adalah dinas pertanian, karena dari distributor punya dokumen yang ditandatangani oleh dinas bersangkutan,” kata Tommy kepada wartawan kemarin.

Dia mencohtohkan distributor CV Papua Putra Perkasa yang tercantum dalam SK tersebut, namun nyatanya CV tersebut tidak ada. CV tersebut menurutnya pernah mengantongi rekomendasi dari dinas terkait yang dikeluarkan pada tahun 2011 lalu. “Jadi kesimpulannya dinas pertanian kabupaten hanya copy paste,” tegasnya.

Tommy mengatakan dengan tidak cermatnya dinas tersebut memasukkan nama yang kemudian dikeluarkan SK oleh pemerintah daerah telah menghambat penyaluran pupuk bersubsidi kepada petani.

Dirinya juga menegaskan bahwa para penyuluh yang mempunyai niat dan ide dalam melakukan penyalahgunaan pupuk subsidi tersebut akan diproses secara hukum hingga tuntas karena hal tersebut dikategorikan dalam penyiksaan petani yang hendak melakukan musim tanamnya yang kedua.

“Karena sesuai data, pupuk bersubsidi di musim tanam dua semuanya belum diambil, namun kami sudah buktikan pupuk bersubsidi berdasarkan RDKK sudah nihil,” pungkasnya. |ADITH SETYAWAN