Tim ekspedisi NKRI Subkorwil-3 Sorsel dan Maybrat sedang membuat miniatur rumah pohon untuk dipamerkan di Kaimana 17-20 Mei mendatang.

Ditemukan 304 Flora dan Fauna di Sorsel – Maybrat

TEMINABUAN, Cahayapapua.com—- Tim Ekspedisi NKRI Papua Barat 2016 Subkorwil 3/Sorong Selatan dan Maybrat menyatakan temuan sejumlah spesies dalam ekspedisi di wilayah tersebut sepanjang 332 kilo meter.

Humas tim ekspedisi Subkorwil 3/Sorong Selatan dan Maybrat dr. Kristiyani, Jumat,(22/4) mengatakan dalam ekspedisi di wilayah itu tim melalui gunung, hutan rawa laut, sungai dan pantai minimal 60 km per bulan.

Dalam penjelajahan tim mendata potensi kehutanan, flora dan fauna, geologi, bencana, sosial budaya, dan juga melakukan pengabdian masyarakat. “Untuk penjelajahan, tim berhasil menemukan 304 temuan flora dan fauna masing-masing 152 temuan flora dan 152 fauna,” kata Kristiyani.

Pendataan yang berhasil dilakukan meliputi 49 temuan jelajah, 137 temuan kehutanan, 40 temuan bidang geologi, 23 titik potensi bencana alam dan 4 sosial, 225 temuan sosial budaya, dan 8 temuan titik potensi wisata yaitu ekowisata geowisata dan budaya.

Tim juga menggelar 50 kegiatan pengabdian besifat fisik seperti pembangunan gereja dan masjid, kerja bakti lingkungan di titik-titik sejarah Tugu Trikora dan Tugu Batas Batu Payung, Monumen Barat dan pengobatan massal.

“Untuk kegiatan non fisik meliputi penyuluhan hidup bersih sehat, kesehatan gigi dan mulut, sosialisasi gerakan nasional revolusi mental.”

Dia menyatakan tim juga menggelar berbagai kegiatan yang melibatkan anak sekolah seperti latihan baris-berbaris hingga menggelat latihan kepemimpinan dan pendampingan komunitas remaja one generation Teminabuan.

Data-data hasil temuan menurutnya akan digunakan sebagai inventaris untuk sumber referensi geologi, sejarah serta ilmu pengetahuan dan lainnya. Bahkan hasil temuan juga akan dijadikan sebagai sumber penentuan kebijakan kebencanaan.

“Kegiatan yang masih berlangsung adalah pengabdian masyarakat. Kami juga sedang menyusun buku Ekspedisi Surga Biru,” ungkapnya. (JOS)

Tinggalkan Balasan