Rumput laut milik warga suku Mairasi pesisir, Kaimana.

DKP Fokus pada Budidaya Rumput Laut dan Keramba

KAIMANA, Cahayapapua.com—- Dinas Kelautan dan Perikanan di tahun 2016 masih tetap fokus pada program budi daya rumput laut dan peningkatan operasional keramba tancap, disamping kegiatan lainnya yang bertujuan mensejahterakan masyarakat. Untuk mendukung suksesnya kegiatan rumput laut, dinas terus memaksimalkan penyediaan bibit untuk dibagikan kepada para petani. Sedangkan untuk program keramba, Dinas akan memaksimalkan pengelolaan keramba yang telah dibangun tahun sebelumnya.

Demikian Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan, Elli Auwe, A.Pi menyampaikan hal ini saat dikonfirmasi Cahaya Kaimana, Senin (7/3/2016) lalu. Dikatakan, pengelolaan keramba menjadi kewenangan penuh masyarakat yang telah dibagi dalam beberapa kelompok. Dinas sendiri terus melakukan pendampingan dan monitoring agar program ini berjalan sesuai yang direncanakan.

“Dua program ini masih terus berjalan. Untuk rumput laut, kita terus dorong dengan bantuan fasilitas dan bibit. Tetapu untuk keramba lebih pada peningkatan operasional terhadap keramba-keramba yang telah dibangun tahun sebelumnya. Dua program ini sangat membantu masyarakat supaya memiliki penghasilan tetap.

Program keramba sendiri tidak bermaksud menggeser pola penangkapan. Tujuannya untuk membantu agar masyarakat nelayan berpenghasilan tetap pada situasi apa pun. Dengan program budi daya keramba ini orang sudah bisa hitung, berapa banyak yang akan dipanen. Tapi kalau pola tangkap belum tentu pergi menjaring bisa bawa pulang ikan,” ujarnya. (ISA)

Tinggalkan Balasan