Bupati Sorong Selatan, Samsudin Anggiluli.
Bupati Sorong Selatan, Samsudin Anggiluli.

DOB Imekko Tinggal Tunggu Restu Pemerintah Pusat

TEMINABUAN, Cahayapapua.com— Bupati Kabupaten Sorong Selatan Samsudin Anggiluli menyatakan pihaknya tinggal menunggu restu pemerintah pusat terkait pemekaran DOB Imekko di daerah itu.

Samsudin, Rabu (26/10), mengatakan, DPD I RI pada prinsipnya sudah menyetujui dan mendukung penuh pemekaran Imekko. Untuk itu Ia meminta masyarakat Imekko untuk bersabar.

“Cepat atau lambat DOB Imekko akan jadi, tapi tidak untuk tahun ini. Bukan hanya Imekko saja tetapi ada ratusan daerah otonomi baru yang juga menunggu untuk disahkan sama seperti Imekko,” kata Samsudin menjelaskan.

Selain itu Samsudin upaya mendorong pemekaran juga dilakukan dalam pertemuan dengan Mendagri yang juga dihadiri kepala dari daerah lain baru-baru ini.

Dalam pertemuan itu ia mengaku mengusulkan pemekaran Imekko agar bisa berdiri sendiri namun Mendagri berharap daerah bisa bersabar.

Mendagri menurut Samsudin menyatakan bahwa pemekaran membutuhkan biaya besar sementara pendapatan pajak secara makro sedang menurun. Selain itu Moratorium pemekaran belum dicabut.

“Pemerintah pusat berharap apabila keuangan negara pada 2017-2018 sudah stabil, maka moratorium bisa dicabut dan akan memekarkan DOB yang sudah di usulkan,” kata Samsudin.

“Jadi prinsipnya mendagri mengatakan untuk tahun ini pemekaran DOB tidak ada,” tambah Samsudin. (JOS)

 

Tinggalkan Balasan