Gubernur dan Pangdam saat cetak sawah Kampung Sumber Boga – Masni menggunakan traktor.

Dominggus ingin komoditas pangan lokal Papua Barat dikembangkan

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Pemerintah Provinsi Bapua Barat ingin meningkatkan produksi komoditas lokal untuk meningkatkan ketahanan pangan daerah. Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan di Manokwari, Rabu, mengatakan pangan lokal sudah dikembangkan petani sejak dahulu. Namun pola pertanian yang mereka lakukan masih dalam skala kecil.

“Kita perlu skala besar, selain mencukupi kebutuhan daerah harus bisa punya orientasi pasar. Kalau bisa ekspor, kenapa tidak,” kata gubernur.

Menurutnya, sektor perkebunan di daerah tersebut masih memiliki potensi besar. Selain sumber daya alam, Papua Barat punya cukup sumber daya manusia yang bisa mengembangkan tanaman perkebunan. “Kita bisa lebih mengembangkan komoditas umbi-umbian, singkok, jagung, sagu. Orang-orang di negara-negara Eropa sangat mendambakan makanan ini,” kata Mandacan.

Beberapa waktu lalu, lanjut gubernur, ia menghadiri undangan Menteri Pertanian di Jakarta. Pemerintah pusat menantang Papua Barat untuk mengembangkan sektor perkebunan.

Pemerintah pusat, katanya, siap mendukung upaya daerah untuk mengembangkan komoditas lokal tersebut. Menteri ingin Papua Barat memiliki perkebunan berskala besar yang bisa menjamin stabilitas kebutuhan pasar ekspor.

Dia menambahkan, pemerintah akan terus membangun infrastruktur pendukung untuk memacu pertumbuhan sektor perkebunan. Pembangunan diharapkan bisa memacu peningkatan produksi perkebunan.

“Masayarakat sudah biasa tanam dan lahan mereka masih sangat luas. Untuk mengembangkan pertanian, selama ini mereka belum didukung oleh infrastruktur pendukung. Untuk itu kita pemerintah harus hadir,” katanya lagi. (Ibn)

Tinggalkan Balasan