Drs. Dominggus Mandacan

Dominggus : Pemimpin Papua Barat Harus Takut Akan Tuhan

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-Kepala Suku Besar Arfak, Drs. Dominggus Mandacan menyatakan, untuk membangun Provinsi Papua Barat sebagai provinsi yang sedang berkembang, dibutuhkan pemimpin yang takut akan Tuhan, percaya diri dalam membangun dan mampu menghargai mandat masyarakat tanpa tebang pilih.

Selain itu pemimpin masa depan provinsi ini, harus mampu berbenah diri dalam menerapkan kebijakan pembangunan dalam konteks pertumbuhan masyaraat heterogen.

“Papua Barat merupakan wilayah heterogen dengan kompleksitas budaya, agama, suku, adat dan karakteristik masyarakat. Untuk itu, pemimpin di daerah ini harus mampu untuk menghargai mandat dari seluruh rakyat tanpa tebang pilih,” kata dia.

Dia menyebutkan, selain pertanian, peternakan, kehutan dan perikanan, sektor yang harus menjadi perhatian pemerintah kedepan di antaranya adalah sektor pariwisata.

“Untuk Raja Ampat, kita sudah sama-sama tau. Wisata Bahari Raja Ampat sudah dikenal diseluruh penjuru dunia, sehingga sudah saatnya kita memperhatikan potensi pariwisata di Pegunungan Arfak,”kata dia.

Ia menyatakan wilayah Provinsi Papua Barat ini, menyimpan segudang kekayaan alam dan kekayaan budaya masyarakat lokal yang hingga kini masih terus dipertahankan keasliannya, sehingga dapat menjadi dayatarik wisata.

Ia mencontohkan, suku Arfak sebagai salah satu suku dikawasan Papua Barat yang masyarakatnya masih mempertahankan pola adat dan budayanya serta keasrian hutan dan aneka ragam hayati yang ada didalamnya memiliki nilai jual tinggi. Hal itu menarik bagi wisatawan baik domestik maupun manca negara.

“Banyak hal yang kita bisa nikmati di Pegunungan Arfak, ada ada danau, satwa butung pintar, cenderawasi, goa sedalam 2000 meter, air terjun serta sungai besar,”kata dia.

Dia berharap, festival budaya bisa dilaksanakan di pegunungan arfak setiap tahun. Agar potensi pariwisata di daerah ini, dapat dikenal halayak luas.

Selain itu, lanjut dia, infrastruktur merupakan kunci pengembangan Arfak. Ia pun bersyukur pembangunan infrastruktur, seperti jalan dan jembatan di daerah ini sudah menjadi perhatian pemerintah provinsi dan pusat.

“Kami berharap, dukungan itu terus diberikan, hingga Pegunungan Arfak setara dengan daerah lain,”kata dia. | RIZALDY|EDITOR : BUSTAM