Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan (kanan) dan Wakil Gubernur Mohamad Lakotani.

Dominggus sampaikan mandat Presiden ke ratusan personil polisi

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan menyampaikan mandat Presiden RI Joko Widodo kepada ratusan personil Kepolisian Daerah (Polda) setempat. Mandat itu disampaikan Dominggus saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada Upacara Syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-71 yang di gelar di Lapangan Sepak Bola Borarsi Manokwari, Senin (10/7).

Beberapa poin dalam madat tersebut, Presiden Joko Widodo mengintruksikan seluruh jajaran Kepolisian Republik Indonesia (Polri) untuk terus meningkatkan kinerjanya melalui upaya-upaya perbaikan. Daintaranya, perbaikan manejemen internal Polri untuk menekan budaya negatif seperti koruptif, kekerasan yang berlebihan sehingga menimbulkan arogansi kewenangan.

“Polri harus memantapkan solidaritas internal guna mendukung Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian,” tutur Dominggus mengutip sambutan Presiden RI Joko Widodo dalam gelaran tersebut.

Dalam mandat tersebut, Polri diharapkan mengoptimalkan organisasi Kepolisian dengan memanfaatkan teknologi informasi, sehingga membantu kualitas pelayananan publik. Selai itu, Dominggus menuturkan, Polri harus selalu meningkatkan kesiapan dalam pemetaan alat operasional melalui upaya deteksi dini dan deteksi aksi.

Polri juga diimbau proaktif dan meningkatkan kerja sama dengan semua elemen, baik mitra pemerintah maupun masyarakat serta kolega internasional sebagai implementasi mewujudkan situasi yang kondusif.

“Pemerintah dalam hal ini Presiden RI, terus mendukung terbentuknya Polri yang kuat, handal dan profesional supaya tugas polri menjaga Stabilitas Kamtibmas, menegakan hukum secara optimal,” kata Dominggus.

Dominggus menyebutkan, sejauh ini meski diakui, prestasi Kepolisian yang nampak dalam beberapa bulan terakhir, yakni berupaya menurunkan angka kecelakaan lalu lintas. Tak hanya itu kata dia, Kepolisian juga berupaya menjaga stabilitas harga sembako selama Bulan Suci Ramadan, serta yang paling menonjol yakni terus memerangi aksi terorisme yang mengancam keutuhan NKRI.

Dalam upacara HUT Bhayangkara itu, bertindak selaku komandan upacara yakni AKBP Frederikus Makarimbun, sementara perwira upacara dijabat oleh Kepala Detasemen B Pelopor Sat Brimob Polda Papua Barat AKBP Rudi Setiawan serta pengucap Tribrata disampaikan oleh Ipda Rio Guntur Atmaja.

Hadir dalam kegiatan ini, Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Martuani Sormin Siregar, Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Onesimus Wayangkau, Kabinda Papua Barat, Sekda Manokwari dan para Pejabata Utama Polda Papua Barat serta Pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Papua Barat. (mar)

 

Tinggalkan Balasan