Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan (kanan) dan Wakil Gubernur Mohamad Lakotani.

Dominggus segera evaluasi serapan anggaran Papua Barat

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan akan segera mengevaluasi serapan anggaran Papua Barat yang saat ini baru sekitar 16 persen.

“Serapan anggaran kita baru sekitar 16 persen. Ini mungkin karena pada awal tahun 2017 pemerintah Provinsi Papua Barat sedang berada pada masa transisi,” kata Dominggus usai memimpin rapat bersama para Kepala SKPD di kantor gubernur, Senin.

Dia menjelaskan, serapan anggaran harus optimal untuk memastikan bahwa seluruh program kerja pemerintah terlaksana dalam setiap tahun anggaran.

Mantan Bupati Manokwari ini ingin pada akhir Desember, anggaran tahun 2017 terserap 100 persen, seluruh program kerja selama setahun terlaksana dan masyarakat bisa menikmati hasil pembangunan yang dilaksanakan pemerintah.

Gubernur akan kembali mengumpulkan seluruh Kepala SKPD dalam pertemuan yang akan digelar pada 6 Juni 2017.

“Tadi saya bersama pak wakil dan pak Sekda sudah meminta kepala SKPD untuk melaporkan progres program yang sudah dilaksanakan masing-masing. Kita akan tindaklanjuti pada tanggal 6 nanti,” kata Dominggus.

Selain itu, lanjut gubernur, pada pertemuan nanti ia akan mengkroscek hasil temuan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) atas realiasi anggaran tahun 2016.

Ia ingin, seluruh temuan BPK diselesaikan secepatnya, sehingga tidak menyisakan persoalan pada tahun 2017. Ia juga tak ingin temuan tersebut mengganggu serapan anggaran tahun ini.

“Temuan BPK itu harus secepatnya ditindaklanjuti, SKPD terkait harus tanggungjawab. Papua Barat sudah memperoleh opini WTP (wajar tanpa pengecualian) atas pelaksanaan anggaran 2015. Untuk tahun 2016 sebisa mungkin harus bisa WTP juga,” katanya lagi. (ibn)

Tinggalkan Balasan