pilkada-serentak-2015.

DONMA Ajak Paslon Lain Hormati Putusan KPU Fak-fak

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Pasangan calon (Paslon) nomor urut dua, Pilkada Kabupaten Fak-fak, Donatus Nimbitendik dan Abdul Rahman (DONMA) mengajak kandidat lain menghormati keputusan KPU setempat.

Ditemui di Manokwari, Kamis (19/11), Yan Christian Warinussy, selaku kuasa hukum pasangan Donatus Nimbitendik – Abdul Rahman atau DONMA, mengatakan, putusan KPU sudah sejalan dengan aturan, yakni  pasal 142 hingga 144 UU Nomor 1 tahun 2015.

Ditegaskan bahwa putusan KPU nomor 5/2015 itu, berupa putusan perubahan atas putusan KPU sebelumnya, terkait penetapan pasangan calon. Dalam putusan tersebut KPU menetapkan bahwa, DONMA yang awalnya digugurkan telah memenuhi syarat sebagai peserta dan dapat melanjutkan tahapan Pilkada di daerah tersebut bersama dua Paslon lain yakni, Mohammad Uswanas-Abraham Sopaheleuakan dan Ivan Ismail Madu-Fransiscus Hombore.

“Pro dan kontra dikalangan masyarakat menyusul putusan ini merupakan bagian dari dinamika politik dan demokrasi,” ujarnya.

Hal ini, lanjutnya, tidak boleh menjadi sebab pengabaian terhadap mekanisme dan prosedur hukum mengenai Pemilu Bupati dan Wakil Bupati.

Yan berharap, KPU setempat dapat melaksanakan tahapan selanjutnya, seperti pencetakan dan distribusi surat suara, yang mengakomodir klien-nya dalam surat suara tersebut.

Ia juga berharap, baik pemerintah daerah maupun institusi keamanan seperti TNI dan POLRI turut menghormati putusan KPU ini.”Tidak perlu ada upaya mencampuri wewenang dan tugas KPU, bahkan melakukan intimidasi secara fisik maupun psikis terhadap Ketua maupun anggota KPU,” kata Yan menambahkan.(RASYID FATAHUDDIN)