BRISat Pegunungan Arfak

Dorong inkluasi keuangan, BRI operasikan jaringan BRIsat di Pegaf

MANOKWARI, Cahayapapua.com— PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), kembali berinovasi untuk mendorong inklusi keuangan di wilayah Tertinggal, Terluar dan Terdepan (3T)

Kali ini, BRI mengoperasikan jaringan BRIsat (satelit BRI) untuk dimanfaatkan oleh Agen BRILink di wilayah yang belum terjangkau sinyal provider seluler yakni di Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf).

Direktur Digital Banking dan Teknologi BRI Indra Utoyo mengatakan, operasional agen BRILink dengan pemanfaatan jaringan BRIsat ini dalam rangka memfasilitasi akses keuangan penduduk di Pegaf yang sebelumnya harus menempuh perjalanan selama 4 jam ke unit kerja perbankan terdekat di Distrik Prafi.

“Langkah ini sekaligus mendukung kebijakan pemerintah dalam penerapan BBM 1 harga yang telah dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu lalu. Bank BRI berkomitmen untuk secara kontinyu mendekatkan akses keuangan di wilayah 3T,” ujarnya Sabtu (3/3).

Jika sebelumnya, kata Indra, pangkalan BBM yang berada di Pegaf harus mengeluarkan biaya yang cukup besar guna melakukan transaksi pembayaran transfer melalui bank di Prafi, dengan beroperasinya Agen BRILink di Pegunungan Arfak, pengelola pangkalan BBM dan masyarakat kini tak perlu menempuh medan yang berat menggunakan mobil gardab atau 4WD menuju Prafi.

“Terobosan ini melengkapi beroperasinya kegiatan perbankan BRI melalui Agen BRILink yang telah beroperasi di Papua Barat,” ujar dia.

Indra menyebut, hingga 31 Januari 2018, Bank BRI mempunyai total 794 agen BRILink yang tersebar di Papua Barat, diantaranya di Teluk Bintuni sebanyak 65 agen BRILink, Fakfak 115, Manokwari 248 dan Sorong 366 agen.

“Sebelumnya, akses agen BRILink melalui jaringan satelit BRIsat telah beroperasi di Kabupaten Sorong Selatan, dan Kabupaten Teluk Wondama. Adapun di Kabupaten Manokwari, setelah pegunungan Arfak, pemanfaatan Agen BRILink melalui BRIsat akan menjangkau Kabupaten Puncak, dan Kabupaten Memberamo Raya,” ujarnya lagi

Di sisi lain, Bank BRI juga mendukung upaya sinergi dalam meningkatkan tingkat inklusi keuangan masyarakat Indonesia dengan melakukan sinergi dengan Bank BPD seluruh Indonesia. Sinergi bisnis yang dilakukan BRI dan BPD dapat meningkatkan daya saing BPD sehingga mampu menjadi lokomotif pembangunan di tingkat regional. |Elyas Estrada

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: