Sekda Kaimana Rita Teurupun, S.Sos.

DPA Masih Parkir, Sekda Kaimana Minta SKPD Bergerak

KAIMANA, Cahayapapua.comSejak penyerahan oleh Penjabat Bupati Kaimana pada 25 Januari 2016 lalu hingga saat ini, Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) masih berlabuh di meja masing-masing pimpinan SKPD. Dokumen sakti dimaksud belum mulai diterjemahkan isinya, minimal melakukan pelelangan pekerjaan kepada pihak ketiga sebagai langkah awal pelaksanaan kegiatan fisik maupun pengadaan, padahal triwulan pertama tahun 2016 hampir berakhir.

Terkait hal ini Sekda Kaimana Rita Teurupun, S.Sos meminta seluruh Pimpinan SKPD agar segera mengambil langkah melaksanakan pekerjaan yang tertera dalam DPA. Sekda akui, sebelum penyerahan DPA, pihaknya sudah mengingatkan SKPD agar setelah menerima DPA segera ‘action’ (mengambil tindakan/aksi, red) agar pelaksanaan program berjalan sesuai jadwal.

“Sebelum penyerahan waktu lalu, saya beritahukan kepada SKPD supaya setelah menerima DPA, semua pimpinan SKPD langsung action dengan kegiatan-kegiatan yang ada didalamnya,” ujar Sekda kepada wartawan usai tatap muka dengan Tim Ekspedisi NKRI di Poskotis Stadion Triton Kaimana belum lama ini. Sekda akui, baru mengetahui bahwa DPA Tahun Anggaran 2016 belum dilaksanakan oleh SKPD, ketika menghadiri Musrenbang 2017 di Distrik Teluk Etna.

Disinggung bahwa keengganan SKPD menjabarkan DPA karena ada keterkaitan dengan politik, Sekda membantahnya. Dikatakan, sejak awal Pemerintah Daerah telah berkomitmen untuk mempertahankan opini tertinggi BPK yakni WTP (Wajar Tanpa Pengecualian), dimana salah satunya adalah ketepatan waktu melaksanakan kegiatan yang dianggarkan pada tahun berjalan. Namun jika benar ada keterkaitan dengan politik demikian Sekda, maka itu adalah bagian dari pembelajaran politik bagi aparatur.

“Saya tidak tahu apakah itu berkaitan dengan politik. Saya inginkan pekerjaan harus tetap jalan. Tapi kalau benar imbas dari politik, itulah pembelajaran politik untuk seluruh aparat. Dengan begini bagaimana PNS bisa memiliki kinerja yang baik kedepan. Siapa saja yang duduk sebagai bupati dan wakil bupati kita harus loyal. Kabupaten Kaimana ini mau dibawa kemana kalau kita tidak bekerja dengan sungguh,” ujar Sekda. (ISA)

Tinggalkan Balasan