Jimmy J. Liunsanda

DPD KNPI Kaimana Tidak Pecah

MANOKWARI, cahayapapua.com– Ketua Caretaker DPD KNPI Kabupaten Kaimana, Jimmy J. Liunsanda menegaskan, tidak benar desas-desus yang beredar selama ini, bahwa telah terjadi perpecahan antara pengurus DPD yang lama dengan ketua (caretaker).
“Persoalan pengurus DPD yang lama dengan caretaker sudah diselesai. Itu ini terbukti melalui Rapimda dan konsolidasi yang dilakukan bersamaan. Jadi tidak ada perpecahan lagi,” kata Jimmy kepada wartawan, Selasa (11/8/2015).
Dia mengatakan, pengurus DPD yang lama bersama caretaker memiliki soliditas tinggi untuk menyukseskan pelaksanaan musyawarah daerah DPD KNPI untuk memilih pengurus definitif.
“Rapimda yang digelar tanggal 8 Agustus lalu, itu dihadiri pengurus KPNI dari tujuh distrik se-Kabupaten Kaimana, OKP-OKP, tokoh masyarakat serta perwakilan unsur pemerintah,” katanya.
Jimmy menambahkan, hasil Rapimda juga telah menyepakati waktu pelasaksanaan Musda yang ditetapkan akan digelar pada awal bulan September mendatang. ”Panitia pelaksana akan disahkan oleh pengurus DPD KNPI Provinsi Papua Barat,” imbuhnya.
Sementara itu, salah seorang Wasekjen DPP KNPI Pusat, Marinus Bonepai menyatakan, KNPI adalah milik semua pemuda. Sehingga tidak dibenarkan semangat sukuisme atau kelompok yang ditonjolkan.
Diakui Marinus, apapun persoalan yang muncul pasti dapat diselesaikan ketika ada ruang dialog. Sehingga KNPI tidak boleh dikotak-kotakkan. KNPI adalah organisasi nasional yang menghimpun potensi seleruh pemuda.
“KNPI harus memberikan kontribusi terhadap proses pembangunan yang sedang berjalan. Dengan terlaksananya musda ini, kami berharap segera juga dilaksanakan musda DPD Provinsi Papua Barat yang sudah berakhir masa tugasnya sehingga tidak ada kekosongan,” kata Marinus.
|RASYID FATAHUDDIN