Aparat Keplisian, Operasi Zebra Manokwari

DPR: Aparat Kepolisian Mansel Diminta Jeli

MANSEL, CAHAYAPAPUA.com– Aparat Kepolisian di Kabupaten Manokwari Selatan, diminta lebih jeli dalam menjalankan tanggungjawab pengamanan di daerah tersebut. Polisi diminta dapat memposisikan secara tepat, agar tidak terkesan membatasi masyarakat untuk menyuarakan aspirasi mereka.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi A, DPRD Kabupaten Manokwari Selatan, Wennie Aleksander Ainusi, menyusul keluhan dari warga mengenai kinerja aparat kepolisian daerah itu, yang seolah-olah menjadi tameng pemerintah Manokwari Selatan

Dia mengatakan, salah satu tugas Kepolisian adalah menjaga keamanan, serta menjaga agar masyarakat tidak berbbuat anarkis.

“Memang polisi harus menjaga agar masyarakat tidak menghalangi jalannya pelayanan pemerintahan. Namun, bukan berarti membiarkan pelayanan yang kurang tepat, sebagai aparat harusnya menindaklanjuti indikasi penyelewengan yang memicu keributan dari warga,” kata Wennie.

Ia mencontohkan, pembagian motor tempel yang dilakukan pemda kepada para nelayan beberapa waktu lalu. Dalam pemberian bantuan itu, warga yang sudah didaftar sebagai penerima bantuan, hanya menjadi penonton dalam pembagian bantuan itu.

Ainusi berharap, kedepan polisi tidak hanya terfokus pada situasi aksi, namun harus menelusuri persoalan yang yang menjadi penyebab kegadungan itu.“ Apabilah itu adalah keributan, ingat polisi adalah pengayom masyarakat, bukan bemper pemerintah,” tegasnya.| SOETANTO | EDITOR TOYIBAN

Tinggalkan Balasan