Pieter Kondjol
Pieter Kondjol

DPR Papua Barat Agendakan Pertemuan Multi Pihak

MANOKWARI, Cahayapapua.com– DPR Papua Barat (DPRPB) mengagendakan pertemuan multi pihak. Pertemuan yang dijadwalkan dalam waktu dekat ini, membahas sejumlah permasalahan menyangkut gangguan kamtibmas yang terjadi di Manokwari.

Ketua DPRPB Pieters Kondjol, Selasa (1/11/2016) mengatakan, pertemuan tersebut akan digelar setelah pansus terbentuk. “Kami akan undang Kapolda dan jajarannya, tokoh masyarakat, dan LSM serta pihak terkait lainnya,” katanya.

Kata Pieters, dirinya telah melakukan pertemuan terbatas dengan Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol. Royke Lumowa yang didampingi Direskrimum.

“Kapolda memaparkan sejumlah permasalahan yang terjadi menyangkut kondisi kamtibmas di Manokwari. Kita akan tindaklanjuti ini dalam pertemuan bersama,” ujarnya.

Agenda pembentukan pansus terkait sejumlah permasalahan kamtibmas belum dapat ditindaklanjuti. DPRPB telah menjadwalkan rapat internal pembentukan pansus, Senin (31/10/2016) lalu.

“Saya berharap anggota dewan termasuk wakil-wakil ketua yang masih berada di luar segera kembali karena ada persoalan yang rakyat hadapi. Semoga besok (hari ini, red) rapat bisa digelar. Pengambilan keputusan harus mencapai quorum,” paparnya.

Diakui Pieters, kondisi kamtibmas di Manokwari cukup terganggu dengan sejumlah kejadian berdarah. Untuk itu, kerjasama multi pihak harus ditingkatkan dalam rangka menjaga kamtibmas di Manokwari tetap kondusif.

Pieters menambahkan, program penyuluhan hukum bagi masyarakat harus digalakan kembali termasuk mengaktivkan pam swakarsa masyarakat melalui pos sistim keamanan lingkungan (siskamling). “Saya kira program ini harus dihidupkan kembali,” pungkasnya. (ALF)

Tinggalkan Balasan