Suasana rapat dengar pendapat antara DPRD dengan SKPD terkait di gedung DPRD Manokwari Sowi Gunung, kemarin. DPRD akan membentuk panitia khusus untuk menyikapi persoalan transportasi umum di daerah ini.

DPRD Bentuk Pansus Sikapi Masalah Transportasi Umum

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com – DPRD Manokwari dalam waktu dekat akan membentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk menyikapi berbagai permasalahan transportasi yang terus terjadi di kabupaten Manokwari.

“Untuk menata sistem transportasi umum, DPRD menganggap perlu dan segera membentuk pansus untuk menyikapinya,” kata Ketua DPRD Manokwari Dedy Subrata May.

Pernyataan Dedy ini disampaikan dalam rapat dengar pendapat dengan Dinas Perhubungan Manokwari, Dinas Pendapatan Daerah, Biro Hukum Setda Kabupaten Manokwari dan perwakilan Organda di ruang sidang paripurna DPRD Manokwari, Senin (7/9/2015).

DPRD menyatakan, permasalahan perhubungan khususnya transportasi darat sangat kompleks sehingga keberadaan pansus diperlukan agar bisa mengkajinya secara matang sebelum membentuk regulasi.

“Pansus ini akan berbicara terkait ojek, taksi, armada angkutan umum lainnya, pengaturan trayek, dan semua sektor pendapatan real (nyata) yang bisa didapati dari masalah-masalah transportasi, termasuk kendaraan hilux dan lain sebagainya,” kata politisi Golkar tersebut.

Dedy meminta agar dinas terkait bersama DPRD untuk mengkaji persoalan trasnportasi secara terpadu. Hasil kajian itu, kemudian akan dijadikan referensi untuk dijadikan kajian hukum guna mendorong pemerintah kabupaten untuk segera mengeluarkan regulasi tentang sistem transportasi darat.

Pansus kata Dedy, merupakan representasi fraksi dengan memperhatikan keterwakilan komisi-komisi yang ada sebagai alat kelengkapan DPRD. Pansus akan dipimpin langsung oleh wakil ketua dua untuk mempermudah koordinasi.

Diharapkan produk hukum yang digodok melalui pansus DPRD, nantinya dapat diterapkan dalam penyelesaian permasalahan yang berkaitan dengan perhubungan transportasi darat yang dihadapi oleh masyarakat pengguna jalan maupun pemerintah kabupaten Manokwari. |MUHAMMAD RIZALDY