Bupati Bernadus Imburi, Wabup Paul Indubri, Asisten I Jack Ayamiseba dan Kepala Distrik Roon Yefta Siregar meninjau Gedung Kantor Distrik Roon yang rusak parah meski belum pernah digunakan

DPRD Dorong Bupati Limpahkan Sebagian Kewenangan kepada Kadistrik

WASIOR, CAHAYAPAPUA.com—– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Teluk Wondama menilai sudah waktunya pemerintahan tingkat distrik diperkuat dengan cara melimpahkan sebagian kewenangan bupati kepada kepala distrik.

Selain untuk memperpendek rentang kendali pelayanan, memperluas kewenangan pemerintah distrik  diyakini menjadi cara ampuh untuk membuat  para kepala distrik betah bertugas di wilayahnya masing-masing.

Hal itu dikemukakan Wakil Ketua DPRD Arwin saat menyampaikan pokok-pokok pemikiran DPRD dalam Musrenbang RPJMD di ruang Sasana Karya kantor bupati, Senin lalu.

“Kalau mau distrik diberdayakan ya, harus begitu supaya kepala distrik bisa betah bertugas karena selama ini kewenangan distrik memang terbatas. Makanya DPRD mendorong bupati agar segara ada pelimpahan sebagian kewenangan ke distrik, “ ujar Arwin kepada pers usai memberi materi.

Kepala Distrik Rumberpon Martinus Marani menyatakan mendukung adanya pelimpahan sebagian kewenangan bupati kepada kepala distrik.

“Sebaiknya seperti itu karena kami juga bingung kepala distrik ini mau kerja apa karena semuanya ditangani di kabupaten, “ ujar Tinus di lokasi Musrenbang.

Terkait ini, Asisten I Jack Ayamiseba menuturkan sekarang ini  memang tengah digodok aturan main serta bentuk kewenangan apa saja yang tepat untuk dilimpahkan kepada kepada kepala distrik.

“Itu pasti akan dilakukan karena sekarang distrik bukan lagi perangkat wilayah seperti dulu tapi sudah menjadi perangkat daerah (SKPD), “jelas Ayamiseba pada kesempatan yang sama. (BRV)

Tinggalkan Balasan