Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Manokwari, Ayu Humaira Bataray.
Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Manokwari, Ayu Humaira Bataray.

DPRD Dukung Penyerahan Aset SMA/SMK ke Provinsi

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Manokwari, Ayu Humaira Bataray mengatakan, proses penyerahan aset pendidikan tingkat SMA dan SMK dari pemerintah kabupaten ke pemerintah provinsi Papua Barat berjalan baik.

Kata dia, proses itu terlihat dari tingkat koordinasi antara pemerintah daerah dan pemerintah provinsi melalui dinas pendidikan. DPRD mendorong pemerintah daerah agar tidak memperlambat proses penyerahan aset tersebut.

“Saya pikir tidak ada masalah juga tidak ada kerugian yang akan dialami daerah. Pemerintah daerah juga harus menyampaikan kepada pemerintah provinsi soal besaran dana yang sudah dikeluarkan. Apakah ada penggantian, ini akan dibahas dalam kesepatan bersama,” kata Ayu pekan lalu.

Menurut Ayu, pendataan aset telah dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat sejak 2015 lalu. Pendidikan dasar merupakan masalah dalam yang cukup serius dalam pengelolaan pendidikan di kabupaten Manokwari. “Kita tetap mengawasi proses ini. Data telah diverifikasi,” ujarnya.

Ayu menambahkan, penyerahan kewenangan dalam pengelolaan pendidikan akan mengurangi beban pemerintah daerah. Dengan demikian, perhatian pemerintah akan semakin besar untuk meningkatkan mutu guru dan peserta didik pada jenjang pendidikan dasar.

“Dana pendidikan tidak akan berubah tetap 20 persen dari APBD. Fokus pemerintah akan semakin terarah. Kita harapkan kualitas peserta didik dasar di Manokwari semakin baik,” pungkasnya. (ALF)

Tinggalkan Balasan