Kantor DPRD Manokwari

DPRD Manokwari Bakal Studi Banding, Belajar Pengelolaan Sampah

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com—– Para wakil rakyat di DPRD Kabupaten Manokwari kembali mengagendakan kegiatan studi banding. Studi banding kali ini dilakukan terkait pengelolaan persampahan di daerah ini.

“Agenda berikutnya adalah studi banding yang dilakukan tiap-tiap komisi. Kami komisi C agenda tentang persampahan. Pengelolaan sampah selama ini masih menjadi persoalan di kabupaten Manokwari. Pemda belum menangani secara serius,” kata Anggota DPRD Manokwari, Ely Wanma kepada wartawan, Rabu (27/5/2015).

Menurutnya, pengelolaan sampah di daerah ini masih buruk. Untuk itu perlu mencari pola yang baik untuk menanganai persoalan ini. “Kami mengharapkan setelah kembali nanti hasil dari studi banding tersebut bisa diaplikasikan,” ujarnya.

Untuk mendapatkan banyak informasi terkait pengelolaan sampah, DPRD aku Ely telah melakukan sejumlah pertemuan. Pertemuan tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi tentang pengelolaan sampah.

Menurutnya perlu ada Peraturan Daerah (Perda) agar seluruh pihak tertib. Bila perlu, harus ada sanksi yang tegas terhadap siapapun yang membuang sampah sembarangan. “Disisi lain Pemda harus menempatkan bak-bak sampah disejumlah titik dan menambah armada truk pengangkut sampah,” tuturnya.

Selam ini sampah masih berhamburan disejumlah titik, bahkan tak jarang sampah itu ditumpuk di pinggir jalan hingga berserakan di badan jalan.

“Sampah masih berserakan. Selain akibat kurangnya kesadaran masyarakat juga karena dinas terkait masih kurang fasilitas,” pungkasnya Eli Wanma yang didampingi koleganya Maman Hermawan.

Terkait rencana studi banding ini, Ely mengaku belum mengetahui kapan kegiatan itu akan dilaksanakan. Sebab kegiatan itu dilaksanakan DPR harus membahasnya dalam rapat DPR. “Rapat belum bisa dilaksanakan, pimpinan masih diluar daerah,” katanya. | RASYID FATAHUDIN

Tinggalkan Balasan