Tempat Pembuangan Akhir Sampah di Sowi Gunung, Manokwari. |Dokumentasi CAHAYAPAPUA.com

DPRD Manokwari Desak Pemda Selesaikan Pemalangan TPA

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Manokwari mendesak Bupati segera menuntaskan pemalangan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah. Beberapa hari lalu TPA di Sowi IV kembali dipalang pemilik ulayat.

Akibatnya, mobil truk sampah tidak selama tiga hari tidak bisa masuk membuang sampah. Rabu (17/12/2014), sedikitnya 7 truk pengangkut sampah sengaja diparkir di kantor bupati Manokwari sebagai bentuk protes dari para sopir.

“Kita minta Pemda secepatnya selesaikan pemalangan TPA. Jangan sampai terjadi penumpukan sampah sehingga bisa menggangu aktivitas masyarakat apalagi sebentar lagi kita akan merayakan Natal, “ kata anggota DPRD dari fraksi Manokwari Hebat Trisep Kambuaya via telepon, Kamis petang, (18/12/2014).

Politisi PKPI ini menyatakan, pihaknya siap turun tangan jika Pemda menginginkan keterlibatan DPRD. “Kita dari dewan siap duduk bersama membantu penyelesaian masalah ini jika diinginkan, “ ucap Trisep.

Seperti telah diberitakan, pemalangan kembali TPA dipicu belum jelasnya batas tanah yang sudah dibebaskan Pemda dengan tanah milik masyarakat. Pemilik hak ulayat merasa tanah yang dibebaskan untuk lokasi TPA telah melewati batas tanah sebagaimana disepakati sebelumnya.

Setelah dilakukan pertemuan dengan Pemda yang diwakili Plt Asisten I Wanto, Rabu siang, pemilik ulayat setuju melepas palang. Namun itu hanya untuk sementara guna dilakukan pengecekan kembali dokumen pelepasan tanah.

Pemda diberi waktu hingga Jumat hari ini. Jika tidak ada tindak lanjut pemilik ulayat berencana kembali melakukan pemalangan. |ZACK TONU BALA

Tinggalkan Balasan