Kantor DPRD Manokwari.

DPRD Manokwari Diingatkan Tak Manfaatkan Kelemahan Pemda

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com- DPRD Manokwari diwanti-wanti agar tidak memanfaatkan kelemahan pemerintah kabupaten Manokwari sebagai titik tekan untuk mendapatkan proyek maupun untuk meraup keuntungan lainnya yang bersifat pribadi.

DPRD diharapkan serius untuk melaksanakan tiga fungsi, legislasi, penganggaran dan pengawasan dengan benar agar roda pembangunan di Manokwari benar-benar dapat dirasakan masyarakat.

Koordinator Jaringan Advokasi LSM Papua Barat Andris Wabdaron mengatakan memang selama ini, LKPJ dan pengajuan KUA-PPAS serta RAPBD selalu saja terlambat

Hasil audit BPK-RI terhadap keuangan Pemda Manokwari juga berstatus disclimer. Persoalan bansos dan hibah yang disebut tak sampai ditangan para penerima baru-baru ini juga cukup menganggu roda pemerintahan.

“Dalam kondisi seperti ini, DPRD Manokwari diharap agar tidak menambah penyakit bagi kabupaten Manokwari dengan memanfaatkan kelemahan eksekutif untuk meloloskan kepentingan pribadinya,” saran Andris Jumat, pekan lalu.

Menurut Andris pemerintah Manokwari memang bobrok sekali. Menurut dia gagalnya reformasi birokrasi sebagai biang kerok masalah yang muncul akhir-akhir ini. “Tapi ini jangan jadi celah dan dapat dimanfaatkan oleh DPRD,” pesannya.

Disinggung soal pembahasan KUA-PPAS yang saat ini tengah dilakukan Tim Anggaran Pemerintah Daerah Manpkwari dan badan Anggaran DPRD Manokwari. Andris pun berharap agar DPR benar melakukan perhitungan dan anilisis yang benar terhadap program dan kegiatan yang ajukan Pemda pada tahun anggaran 2015.

Ia tak mau pembahasan KUA-PPAS dan RAPBD nanti berakhir dengan deal-deal yang tidak menguntungkan kepentingan masyarakat. Andris tak ingin, Program dan kegiatan pemerintah kabupaten Manokwari tahun ini asal-asalan, bahkan terjadi tumpang tindih kegiatan antar SKPD.

Ia berharap, program Pemda tahun ini benar-benar dapat menjawab persoalan daerah. ” Jangan terus-terusan menghasilkan hasil audit yang disclimer dan menyisahakan hutang dan persoalan di masyarakat,” tandasnya. |TOYIBAN

Tinggalkan Balasan