Sekretariat DPRD Manokwari

DPRD Manokwari Studi Banding ke Banyuwangi dan Badung

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– 15 anggota DPRD Manokwari telah berkunjung ke kabupaten Banyuwangi, dalam agenda studi banding, yang akan diikuti dengan kelompok kedua berjumlah 10 orang ke kabupaten Badung, pekan ini.

Studi banding ke Banyuwangi yang berlangsung selama 1 pekan, bertujuan mempelajari pengelolaan pendidikan, strategi pembangunan dan ekonomi. Kelompok ini dipimpin Wakil Ketua II DPRD Manokwari Frengky Awom.

Ketua DPRD Manokwari Dedy Subrata May mengatakan, kelompok kedua akan berangkat dalam pekan ini. Kelompok ini seharusnya berangkat bersamaan dengan kelompok I namun terbentur agenda mendadak penyaluran aspirasi rakyat terkait sengketa masjid Andai belum lama ini.

Kelompok II akan mempelajari pengelolaan sumberdaya pariwisata. Menurut Dedy, sebelum berangkat, mereka akan mempelajari hal-hal utama pengelolaan parawisata di daerah ini.

“Saya mengamati, perhatian dan penanganan sumberdaya pariwisata di Manokwari masih sangat jauh. Untuk itu kita harus belajar dari daerah yang sudah maju dalam mengelola sumberdaya pariwisata,” kata Dedy, di ruang kerjanya, kemarin.

Sektor parawisata merupakan salah satu penyumbang PAD penting yang kedepan harus dikembangkan secara serius.

“Manokwari ini kan sektor utama terkait pertambangan cuma pabrik semen milik PT. SDIC Papua Cement Indonesia saja, selain itu tidak ada, mungkin sektor pertanian dan perkebunan di dataran Prafi saja,” tambah Dedy.

Pengelolaan potensi parawisata di daerah ini selalu terbentur dengan perencanaan yang tidak matang dan pelaksanaan yang selalu terlambat, di penghujung tahun. Ini menurut Dedy, menyulitkan DPRD mengawasi program tersebut.

“Permasalahan lainnya adalah, banyaknya agenda-agenda politik dan pemekaran daerah, sehingga banyak waktu dan anggaran terkuras untuk mengurusi agenda politik dan pemekaran dareah otonomi baru,” imbuh dia.

Dedy optimis dengan rentang kendali pemerintahan yang semakin kecil akan memudahkan perencanaan dan pengalokasian anggaran untuk pengembangan pariwisata Manokwari. |RIZALDY