Anggota DPRD Manokwari Selatan mengikuti Bintek di Jakarta.

DPRD Mansel Jalani Pembekalan di KPU dan Kemendagri

MANSEL, Cahayapapua.com— Anggota DPRD Kabupaten Manokwari Selatan sejak Senin 20 Februari lalu mendapat bimbingan dari Kementrian Dalam Negeri dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia di Jakarta.

Pembinaan dan bimbingan teknis ini berlangsung hingga Kamis (23/2/2017). Sebanyak 15 anggota dari 17 anggota DPR di Manokwari Selatan mengikuti kegiatan tersebut. Hal ini disampaikan Ketua Fraksi Nusantara DPRD Manokwari Selatan H. Syamsul Sami yang dihubungi melalui telepon selularnya, kemarun.

Dijelaskan, hasil dari bimbingan teknis ini akan dijadikan bekal bagi mereka untuk membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan tugas pemerintahan kedepan, lebih khusus yang berkaitan dengan penyelenggaraan pilkada maupun layanan kepada lembaga atau  organisasi yang ada di daerah.

“Baik itu organisasi politik maupun organisasi kemasyarakat,” tambahnya.

Lebih lanjut Samsul menjelaskan, pada bimtek ini, dari Kementrian Dalam Negeri memberikan penjelasan tentang PP No.58 Tahun 2016 Tentang Organisasi Kemasyarakatan. Sementara dari KPU RI menjelaskan Kecenderungan Sistem  Pemilu 2019 dan Antisipasinya.

Lewat bintek tersebut, kata Syamsul, sebagai kader partai politik yang juga adalah anggota DPR, dapat lebih mempersiapkan partai mereka untuk menyambut pilkada 2019 mendatang. Mulai dari verifikasi partai hingga penentuan sistem pilkada.

“Hingga saat ini sistem pilkada 2019 nanti masih menjadi perbincangan, ada beberapa partai yang menghendaki di lakukan secara terbuka dan ada juga yang menghendaki di lakukan secara tertutup,” jelasnya.

Setelah kegiatan bimtek tersebut, para wakil rakyat di Mansel ini masih akan mengikuti kegiatan dari Asosiasi Dewan Kehormatan Rakyat Seluruh Indonesia (ADKASI) hingga tanggal 26 Februari mendatang, dengan agenda membahas hasil rakornas DPRD tahun 2016 lalu. “Semua anggota dewan termasuk sekwan se Indonesia di undang,” kata Syamsul. (ACM)

 

Tinggalkan Balasan