FOTO:ILUSTRASI PEMILIHAN BUPATI DI DPRD

DPRD Maybrat Pilih Yusak Hosio sebagai Wabup

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.comDewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Maybrat akhirnya memilih Yusak Hosio sebagai Wakil Bupati Kabupaten Maybrat mengantikan Karel Murafer yang kini telah menjabat sebagai Bupati Maybrat.

Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Papua Barat, Elisa Sroyer mengatakan, pasca pemilihan tersebut, Pemda Maybrat langsung mengirimkan berkas hasil pemilihan kepada Pemprov Papua Barat untuk mempersiapkan Surat Keputusan Yusak.

“Dokumennya sementara diproses. Mudah-mudahan hari ini (kemarin,red) kami chek list dan diproses ke Menteri Dalam Negeri melalui gubernur,” kata Elisa Sroyer kepada wartawan, Senin (11/5/2015).

“Setelah SK diterbitkan dari Mendagri maka, calon pelantikannya akan dilaksanakan oleh gubernur Papua Barat di Manokwari.”

Adanya wakil bupati definitif daerah tersebut diperlukan untuk membantu tugas-tugas pemerintah daerah setempat termasuk pembinaan kemasyarakatan.

“Proses pemilihan Yusak sudah sesuai prosedur yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Perppu Nomor 1 Tahun 2014 yang diubah dengan UU Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilkada,” kata Elisa menegaskan.

Bupati Kabupaten Maybrat awalnya dijabat oleh Bernard Sagrim, belakangan ia divonis terlibat kasus korupsi sehingga diganti oleh wakilnya Karel Murafer. |RASYID FATAHUDIN