Anggota Fraksi PDIP DPRD Manokwari, Yunus Induwek.

DPRD Minta Polsek Dibentuk Diantara Distrik Mansel dan Tanah Rubuh

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com – Fraksi PDIP DPRD Manokwari meminta Pemerintah Kabupaten Manokwari dan Polres Manokwari segera membentuk Polisi Sektor (Polsek) yang dapat mencakup distrik Manokwari Selatan dan Tanah Rubuh.

Pernyataan itu disampaikan anggota Fraksi PDIP DPRD Manokwari Yunus Induwek usai mengikuti rapat dengar pendapat bersama para perwakilan sopir angkutan umum, Dispenda, Dinas Perhubungan dan Biro Hukum Setda Kabupaten Manokwari di kantor DPRD Manokwari, kemarin.

Kehadiran Polsek di wilayah Manokwari Selatan yang dapat menjangkau distrik Tanah Rubuh itu, kata Induwek, merupakan solusi untuk meminimalisir terjadinya tindak kejahatan yang berujung pembunuhan.

“Kalau kita berharap polsek kota yang ada di Sanggeng itu tidak bisa menjangkau semua, apalagi personil Polsek itu tidak banyak dengan jangkauan yang jauh. Kalau kita bentuk Polsek baru di Daerah Distrik Manokwari Selatan itu akan memudahkan jangkauan petugas dalam mengurangi tingkat kejahatan,” ujar dia.

Induwek menyebut, beberapa tahun teakhir sebelum terbentuknya Pos Polisi Maruni, tingkat kejahatan berupa pencurian, perkelahian, KDRT, pemerkosaan, bahkan pembunuhan sering terjadi di wilayah Distrik Manokwari Selatan hingga Tanah Rubuh.

Setelah adanya Pos Polisi Maruni, walaupun angka kejahatan sedikit mengalami penurunan, namun dengan jumlah personil yang sangat terbatas, Induwek ragu petugas pos polisi dapat mengatasi sejumlah masalah yang terjadi di wilayah itu.

Untuk itu, Induwek meminta Pemerintah Kabupaten Manokwari dan Polres Manokwari agar meningkatkan status pos polisi menjadi Polsek. “Atau bangun kantor Polsek baru yang bisa kontrol keamanan, mulai dari Distrik Manokwari Selatan sampai Tanah Rubuh,” tandas Induwek. |MUHAMMAD RIZALDY