Romer Tapilatu

DPRD Minta SKPD Bergegas Laksanakan Program

MANOKWARI, Cahayapapua.com—- DPRD Manokwari, meminta seluruh SKPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Manokwari bergegas mengerjakan program kerja masing-masing.

Ketua Fraksi Manokwari Hebat, Romer Tapilatu mengatakan setiap proyek dilaksanakan tepat waktu selama tahun anggaran berjalan.

“Jika jeli setiap SKPD harusnya telah membentuk panitia lelang sebelum DPA dibagi. Sehingga setelah DPA terbagi mereka bisa langsung menggelar tender,” kata dia, Senin (18/4)

Menurutnya, banyak tahapan yang harus dilalui dalam pelaksanaan tender, antara lain proses pelengkapan administrasi yang membutuhkan waktu serta perencanaan yang baik.

Pihaknya pun berharap, keterlambatan penyerahan DPA tidak terulang di tahun berikutnya. Keterlambatan akan berdampak terhadap serapan anggaran.

Mengantisipasi aagar serapan tahun ini optimal, SKPD diminta bergerak cepat. Namun, tetap mengacu pada aturan penggunaan anggaran tersebut, agar tidak menjadi temuan.

“Hal lain yang harus diantisipasi adalah faktor-faktor tak terduga seperti faktor alam serta faktor lainnya yang tidak sengaja dapat menghabat pengerjaan proyek tersebut,” imbunya.

Mengingat semua hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas dari pengerjaan proyek tersebut, “Apalagi saat sudah mendekati akhir tahun anggaran, dengan banyak proyek yang belum selesai, maka cenderung dikerjakan asal-asalan,” pungkasnya. (ACS)

Tinggalkan Balasan