Penyerahan palu sidang dari Pimpinan DPRD Pegaf sementara ke pimpinan definitif Yeti Susan Inyomusi beberapa waktu lalu. | Dok Humas Pegaf

DPRD Pegaf: Distribusi dan Pemanfaatan Dana Desa Harus Dikawal

ULLONG, CAHAYAPAPUA.com – Ketua DPRD Kabupaten Pegunungan Arfak, Yeti Susan Inyomusi menegaskan, distribusi dan pemanfaatan dana desa harus dikawal dengan ketat. Ini penting dilakukan agar percepatan pembangunan di tingkat desa dapat terlaksana sesuai peruntukan dana tersebut.

“Saya sependapat dengan prediksi banyak pakar bahwa Dana Desa rentan disalagunakan. Jika demikian, antisipasinya harus jelas. Perlu regulasi yang ketat agar tujuan pemberian dana tersebut untuk percepatan pembangunan di tingkat desa dapat tercapai,” kata Yeti Susan baru – baru ini.

Besar harapan dia, Dana Desa tidak seperti Dana Otsus yang dinilai gagal mensejahterahkan masyarakat di tanah Papua. Oleh karena itu, ia perlu mengingatkan pelaku yang diberi kewenangan menjalankan tugas menyalurkan dana desa ini harus ekstra hati – hati dalam memanfaatkan dana tersebut.

“Jika ada Kepala Desa gunakan Dana Desa tidak benar, maka harus diperhadapkan dengan hukum. Jadi kebesaran hati para Kepala Desa untuk menggunakan Dana Desa sesuai peruntukan sangat dinantikan. Karena menjadi keinginan kita bersama majukan pembangunan di desa,”tandasnya. |CJ- SUARDI SUKMA