DPRD Soroti Kinerja Dinas PU

WASIOR, Cahayapapua.com— Komisi C DPRD Teluk Wondama mendesak Dinas Pekerjaan Umum secepatnya menyelesaikan jaringan instalasi air bersih sehingga dalam waktu tidak terlalu lama air bersih sudah bisa mengalir ke rumah-rumah warga.

“Air kan (kebutuhan) mendesak. Sudah banyak anggaran yang turun untuk air bersih. Tapi sampai sekarang air belum mengalir ke pipa-pipa,” ucap Ketua Komisi C Asri usai melakukan rapat dengar pendapat (RDP) dengan Bappeda dan Dinas PU yang  antara lain membahas tentang air bersih, di gedung DPRD di Rasiei, Selasa (8/3/2016).

Dalam RDP itu, kata Asri, komisi C mempertanyakan kenapa air bersih belum juga mengalir meskipun jaringan induk juga jaringan yang menuju ke rumah warga sudah terpasang sejak lama. Beberapa jaringan pipa induk dibangun oleh Pemprov Papua Barat.

“Dari instansi terkait selalu memberikan jawaban klasik. Alasan dari Dinas PU karena belum ada penyerahan aset dari Provinsi sehingga mereka belum berani menyambung. Tapi kan itu hanya alasan administatif saja sebenarnya,” sebut politisi PPP ini.

Karena itu, komisi C meminta jaringan induk yang telah ada, baik yang dibangun Pemprov Papua Barat maupun dari APBD Pemkab Wondama agar secepatnya disambungkan ke intake (bak penampung).

“Tinggal sambung ke intake. Jaringan instalasi sudah ada hanya dari intake belum tersambung. Jadi seharusnya tidak lama karena tinggal dikonekkan saja,” sambung Legislator kelahiran Pinrang, Sulawesi Selatan ini.

Sebelumnya, dalam RDP, Kepala Dinas PU Joko Purwanto menyebutkan pipa induk yang dikerjakan Pemprov Papua Barat belum diserahkan secara resmi kepada Pemkab Teluk Wondama. Hal ini yang menjadi alasan kenapa sampai sekarang belum ada penyambungan ke pemukiman maupun rumah warga. “Tapi nanti coba kami koordinasikan dengan Provinsi (supaya bisa ada penyerahan),”ujar Joko.(BRV)

Tinggalkan Balasan