Yubelina Kumendong

DPRD Soroti Program Berbiaya Besar Pemda Manokwari yang Belum Berjalan

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-– Wakil Ketua Komisi II Bidang Anggaran dan Pembangunan DPRD Manokwari Yubelina Kumendong, menyoroti kinerja pemerintah daerah kabupaten Manokwari yang lambat menyerap anggaran APBD induk 2015.

Yubelina menyatakan, penyerapan anggaran APBD induk masih sangat rendah karena sampai saat ini masih banyak program pemerintah yang belum berjalan.
“Proyek yang menelan anggaran cukup besar belum jalan. Dalam hasil hearing (rapat dengar pendapat) kami (dengan Pemda Manokwari) bisa dilihat penyerapan angggaran masih dibawah 50 persen,” ujar Yubelina kemarin.

Yubelina mendesak Pemda Manokwari secepatnya merealisasikan penyerapan anggaran karena waktu efektif kepala daerah dan wakil kepala daerah Manokwari untuk menjalankan program mereka hanya tersisa 3 bulan.

Hal yang sama disampaikan anggota DPRD Manokwari Nunung Karubuy. “Pemerintah daerah harus cepat menjalankan program yang belum dilaksanakan. Waktu kerja yang tersisa sangat singkat,” kata Nunung.

Yubelina juga menyoroti Pemda Manokwari yang hingga kemarin belum menyerahkan dokumen APBD Perubahan 2015. Ia juga meminta DPRD secepatnya menetapkan waktu pembahasan APBD perubahan 2015.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kabupaten Manokwari, FM. Lalenoh mengemukakan, materi RAPBD Perubahan APBD 2015 masih disusun karena masih harus disesuaikan dengan kemampuan anggaran Pemda. Ia juga beralasan keterlambatan terjadi karena kepala dinas keuangan sedang bertugas ke luar daerah. | RASYID FATAHUDDIN