kampus-sipil.blogspot.co Ilustrasi

DPRD Tegur Dishub, Kucurkan 3 Proyek kepada 1 Kontraktor

MANOKWARI, cahayapapua.com – Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Manokwari diingatkan untuk tidak memberikan lebih dari satu paket proyek dalam satu SKPD kepada kontraktor tertentu dalam tahun yang sama.

Anggota DPRD Manokwari Trisep Kambuaya menegaskan, selama ini DPRD kerap menemukan SKPD memberikan lebih dari satu paket proyek kepada kontraktor yang sama pada tahun yang sama.

Trisep tanpa menyebut nama kontraktor dimaksud mengatakan, salah satu temuan tersebut didapati pada laporan realisasi program Dinas Perhubungan Kabupaten Manokwari tahun 2014.

“Padahal ini menyalahi aturan,” kata Trisep kepada wartawan di gedung DPRD Manokwari, kemarin.

Trisep menjelaskan pada saat rapat dengar pendapat, perwakilan Dinas Perhubungan mengakui memberikan 3 paket proyek kepada satu kontraktor, dengan alasan proyek tersebut pengerjaannya dikhususkan bagi orang asli Papua.

Padahal menurut Trisep, masih banyak orang asli Papua yang memiliki CV yang bisa diberikan proyek tersebut. “Pengusaha Papua yang memiliki usaha jasa konstruksi atau jasa pengadaan dan jasa lainnya dalam bentuk CV sudah banyak,” ujar Trisep.

Trisep menegaskan agar dinas perhubungan memberikan kesempatan kompetisi yang sama kepada orang asli Papua sebagai bentuk pemerataan kesempatan.

“Jangan hanya memfokuskan pengerjaan lebih dari satu proyek kepada satu perusahaan saja. Ini jadi teguran, supaya jangan hanya menguntungkan satu pengusaha saja,” tutup Trisep.

Terkait temuan itu, Trisep mengatakan, DPRD akan menelusuri secara detail pemberian lebih dari satu paket proyek tersebut pada dinas yang bersangkutan.

|MUHAMMAD RIZALDY