Sekretariat DPR Papua Barat

DPRPB Cek Proyek Infrastruktur di Manokwari dan Teluk Wondama

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Dua tim monitoring Dewan Perwakilan Rakyat Papua Barat (DPRPB) hari ini akan turun ke lapangan mengecek sejumlah pembangunan fisik yang dilaksanakan di Kabupaten Teluk Wondama dan Manokwari.

Mereka akan mengecek pelaksanaan proyek yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Papua Barat tahun anggaran 2015 di dua kabupaten tersebut.

Koodinator tim, Yan Anton Yoteni, mengatakan, pengecekan yang dilakukan tujuh anggota DPRPB lintas Komisi ini, untuk mengetahui capaian program serta serapan anggaran dari setiap proyek yang dilaksanakan di wilayah itu.

Beberapa proyek yang akan difokuskan dalam monitoring ini, antara lain, pembangunan jalan dari kampung Suabey menuju Aisandami. Anggaran pembangunan yang dilaksanakan melalui Daftar Pelaksanaan Anggaran atau DPA Dinas Pekerjaan Umum Papua Barat itu mencapai Rp.8 miliar.

“Kami akan mengecek, berapa besar anggaran yang sudah terserap dan sudah berapa persen pembangunan itu. Kami juga akan melihat kualitas jalan, apakah memenuhi standar volume pekerjaan atau tidak,” kata Yoteni kepada Cahaya Papua, Kamis (8/10/2015).

Yoteni menambahkan, pembangunan jalan Suabey-Aisandami mendapat alokasi anggaran paling tinggi dari seluruh proyek yang dilaksanakan di kabupaten tersebut.

Pada kegiatan itu, lanjut Yoteni, timnya, juga akan mengecek program peningkatan sarana dan prasarana bagi seluruh Pukesmas Pembantu (Pustu) yang bersumber dari DPA Dinas Kesehatan Papua Barat.

“Kami pun akan mengecek program lainnya, seperti, pembangunan situs keagamaan Aitumeri, Tempat Pembuangan Sampah Akhir, Normalisasi Daerah aliran Sungai, dan program perumahan rakyat di Shougwepu.

Terpisah Koordinator Tim Montoring untuk Kabupaten Manokwari, Mugiyono pun mengaku, akan fokus terhadap pembangunan yang dilaksanakan Dinas PU Papua Barat.

Mengawali kegiatan monitoring itu, timnya akan akan mengecek pembangunan Rumah Sakit Rujukan Provinsi Papua Barat, yang terletak kompleks perumahan PT. Irman Jaya, Amban Manokwari.

Selanjutnya tim akan bertolak ke Distrik Masni. Dalam perjalanan menuju Distrik Masni, timnya akan melakukan monitoring terhadap sejumlah proyek provinsi yang dilaksanakan di sekitar Satuan Pemukiman (SP). Diantarnya, pembangunan jembatan Modan di kampung Kenyum.

“Kita tidak hanya monitoring pengerjaan proyek Dinas PU, proyek dari dinas yang lain juga akan kita cek, karena monitoring ini melibatkan semua komisi,”kata Mugiyono.

Dia mengatakan, sebagaimana tim yang lain, monitoring ini dilakukan untuk memastikan kualitas bangunan dan serapan anggaran dalam proyek tersebut.
Hasil monitoring itu, akan disusun sebagai kesimpulan sementara, yang selanjutnya akan kaji sebelum dibahas dalam rapat komisi.|MUHAMMAD RIZALDY | EDITOR: TOYIBAN