Ketua DPR Papua Barat, Pieter Kondjol.
Ketua DPR Papua Barat, Pieter Kondjol.

DPRPB Desak KOMNAS HAM Turun ke Papua Barat

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Dewan Perwakilan Rakyat Papua Barat atau DPRPB mendesak Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI untuk berkunjung ke Papua Barat. Komnas HAM didesak untuk menyelesaikan sejumlah kasus HAM di Papua Barat.

Ketua DPRPB Pieters Kondjol mengatakan perwakilan DPRPB yang dipimpin Wakil Ketua J. A.Jumame dan Wakil Ketua Robert Manibuy telah mendatangi kantor Komnas HAM beberapa waktu lalu untuk tujuan tersebut.

Kondjol mengatakan kunjungan tersebut dimaksudkan untuk menindaklanjuti aksi demonstrasi LP3BH Manokwari dengan masyarakat di kantor DPRPB 20 Oktober 2016.

“Yang mendesak penyelesaian sejumlah kasus dugaan pelanggaran HAM. Rombongan DPRPB diterima anggota Komnas HAM Natalius Pigay,” kata Kondjol kepada Cahaya Papua, Jumat kemarin.

Menurut Kondjol dalam pertemuan itu Komnas HAM menyatakan akan berupaya turun ke Manokwari untuk menindaklanjuti desakan yang disuarakan LP3BH tersebut.

Menurut Kondjol seperti dikatakan Natalis dalam pertemuan dengan perwakilan DPRPB, sudah melakukan berbagai upaya mulai dari pemantauan dan penyidikan untuk melengkapi dugaan pelanggaran HAM di Papua dan Papua Barat untuk dibawa ke peradilan HAM.

“Diakhir pertemuan DPRPB meminta secara resmi melalui surat agar Komnas HAM bisa turun langsung ke Manokwari. Surat tersebut diserahkan Wakil Ketua DPR PB, Robert Manibuy ke Natalius Pigay. Dalam surat itu, juga dilampirkan pernyataan sikap masyarakat saat demo ke kantor DPR PB pada 20 Oktober lalu.

Selain itu Kondjol mengatakan Komnas HAM perwakilan Papua Jumat kemarin juga sudah berada di Manokwari untuk melakukan pemantauan langsung atas kekacauan yang terjadi di Manokwari pada 26 Oktober lalu. (ALF)

Tinggalkan Balasan