Yonadap Trogea
Yonadap Trogea

DPRPB Dorong Pembentukan Komite Integritas

MANOKWARI, Cahayapapua.com— DPR Papua Barat (DPRPB) mendorong pembentukan komite integritas di tingkat provinsi Papua Barat. Untuk itu, gubernur dan jajaran SKPD dimininta mendukung secara penuh langkah tersebut.

Anggota Komisi D DPRPB Yonadap Trogea mengatakan, pemerintah Provinsi Jawa Tengah adalah salah satu daerah yang cukup berhasil melaksanakan program pembentukan komite tersebut.

“Kita berharap di Provinsi Papua Barat juga segera membentuk komite integritas. Mungkin dimulai dari sejumlah SKPD yang pernah mengikuti kegiatan ToT (training of trainers) yang diselenggarakan KPK beberapa waktu lalu di Papua Barat,” kata Trogea, Selasa (1/11/2016)

Selama 3 hari (24-27 Oktober) lalu, perwakilan DPRPB bersama Assisten II Setda Provinsi Papua Barat serta sejumlah SKPD seperti, BKD, Badan Diklat, Biro Organisasi dan Inspektorat.

Melakukan kegiatan kunjungan kerja di Semarang, Jawa Tengah. Kunjungan tersebut untuk melihat dari dekat keberhasilan dalam pembentukan Komite Integritas

Kata Trogea, pembentukan komite tersebut sangat direspon positif oleh seluruh Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD). Bahkan, gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mendukung penuh pembentukan komite integritas.

“Dengan kesadaran tinggi dan niat sendiri SKDP, mereka membentuk komite ini. Informasi menyangkut anti KKN disebarluaskan secara masif secara manual maupun on line,” ujarnya.

Kata Trogea, sistem penyebarluasan informasi anti KKN terkoneksi antar SKPD sehingga mudah untuk dipantau. “Di Jawa Tengah kerja komite ini didukung dengan sarana internet yang memadai sehingga, gubernur bisa memantau langsung kerja-kerja komite.

Pembentukan komite integritas merupakan upaya tindaklanjut kegiatan ToT terkait pembentukan Komite Integritas yang di laksanakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beberapa waktu lalu di Provinsi Papua Barat.

“Kita di DPR Papua Barat siap mendorong dari sisi anggaran maupun regulasinya. Secepatnya, komite integritas yang mungkin sudah dibentuk secepatnya jalan. Mau negeri ini maju dan berkembang, kita cegah KKN mulai dari diri sendiri baru, lingkungan kerja, dan lingkungan yang lebih luas,” tandasnya. (ALF)

Tinggalkan Balasan