Ketua fraksi Otsus, Yan Anthon Yoteni

DPRPB Dorong Raperdasus Pilkada Segera Disahkan

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-Perwakilan DPR Papua Barat (DPRPB) yang terdiri dari Ketua, Pieters Konjdol, Badan Pembuat Peraturan Daerah (Bapperda) dan fraksi Otsus, Selasa (23/2/2016) bertemu dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Ketua fraksi Otsus, Yan Anthon Yoteni mengatakan pertemuan dengan pihak Kemendagri dalam rangka menindaklanjuti hasil konsultasi terkait upaya penyusunan sejumlah regulasi.

“Kami dipanggil oleh Kementerian Dalam Negeri untuk berbicara tentang raperdasus dan raperdasi, ini untuk Papua dan Papua Barat. Pertemuannya dilaksanakan dua hari, mulai hari ini (kemarin, red),” kata Yoteni.

Menurutnya, DPRPB mendorong dua rancangan peraturan daerah khusus (Raperdasus) yakni, raperdasus pilkada gubernur, bupati dan walikota terkait orang asli Papua serta raperdasus tata kelola dan pertanggungjawaban dana Otonomi khusus.

“Kita akan dorong dua raperdasus tersebut. Kita sudah serahkan usulan perdasusnya sejak Agustus 2015 lalu. Ada sejumlah pembobotan, dan pertemuan ini bagian dari konsultasi” ujar dia.

Regulasi soal pelaksanaan pilkada di tingkat provinsi, kabupaten dan kota diharapkan dapat digunakan tahun 2017 mendatang. Untuk itu, aku Yoteni, fraksi Otsus terus mengawal upaya melahirkan regulasi ini.

“Siapapun boleh punya keinginan. Tapi ingat, kita dibawah wilayah Undang-Undang otonomi khusus. Dimana subyek hukumnya dari semua adalah orang asli papua. Yang bukan jangan coba-coba main karena berlawanan Otsus,” tandasnya. |RASYID FATAHUDDIN|EDITOR : BUSTAM

 

Tinggalkan Balasan