DPRPB Imbau Pemerintah Daerah Pantau Pabrik Semen Maruni

MANOKWARI, Cahaya Papua.com – Pemeritah kabupaten dan Provinsi Papua Barat diminta mengawasi perkembangan investasi pabrik semen Maruni. Hal itu dikemukakan anggota fraksi Hanura DPR Papua Barat, John Dimara.
Ia mengatakan, pengawasan itu perlu dilakukan secara kontiniu terhadap semua aktivitas yang dilakukan.“Pengawasan harus dilakukan sejak tahapan persiapan menyangkut aspek legal, penyiapan lahan, dan konstruksi. Ini semua untuk menghindari adanya manuver dari pihak investor,” kata John kepada wartawan, Kamis (6/8/2015).
Pengawasan itu untuk memastikan agar seluruh aspek dilaksanakan sesuai perjanjian atau nota kesepahaman bersama antara pemerintah daerah, investor, dan masyarakat adat pemilih ulayat.
“Kalau tidak diawasi bisa saja terjadi kecurangan yang disengaja dilakukan pihak investor. Apakah pembangunannya sesuai IMB, AMDAL, dan pengambilan material (kecuali tanah kapur) termasuk keberpihakan kepada masyarakat asli Papua,” ujar John Dimara.
Legislator Komisi B ini menambahkan, jika tidak terpantau maka, harapan positif hadirnya pabrik semen tidak akan tercapai. “Baik dari aspek ekonomi, pendapatan daerah, ketersediaan lapangan pekerjaan hingga ketersediaan bahan baku semen yang terjangkau. Semua ini akan bias,” tandasnya. |RASYID FATAHUDDIN
EDITOR : TOYIBAN