Ketua DPR Papua Barat, Pieters Konjdol (Jas Biru) bersalaman dengan Gubernur Papua Barat Oktavianus Bram Atururi.

DPRPB Jadwalkan Pertemuan dengan Tiga Lembaga Penting Negara

MANOKWARI, Cahayapapua.com Dewan Perwakilan Rakyat Papua Barat (DPRPB) mengagendakan pertemuan dengan Departemen Dalam Negeri, Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan dan Badan Intelijen Negara.

Ketua DPRPB, Pieters Kondjol mengatakan pertemuan dengan sejumlah lembaga di tingkat pusat, itu dalam rangka konsultasi dan sinkronisasi kebijakan pusat dan daerah.

“Kami membagi tiga tim untuk melakukan pertemuan tersebut. Satu kelompok terdiri dari 17 anggota. Saya yang akan pimpin tim yang akan ke kemenkopohukam,” kata Pieters, Selasa (1/3/2016).

Di Depdagri, DPRPB akan bertemu dengan Dirjen Otonomi Daerah. Untuk menindaklanjuti pembahasan dan penyusunan sejumlah peraturan daerah yang bersifat khusus maupun yang bersifat umum.

“Termasuk, raperdasus pilkada yang hingga saat ini belum ada jawaban serta peraturan lainnya,” ujarnya.

Menurut Pieters, pertemuan dengan BIN membahas soal kondisi kamtibmas di daerah secara umum dan khususnya di Papua dan Papua Barat.

Pertemuan DPRPB dengan BIN ini, juga membahas kebijakan-kebijakan ketahanan kemanan serta persiapan pelaksanaan pilkada serentak tahun 2017 mendatang.

Pieters menambahkan, pertemuan dengan Kemenkopolhukam akan membahas situasi politik, hukum dan keamanan. Isu tersebut juga berkaitan dengan pelaksanaan Otonomi khusus.

Yang belakangan ini sangat santer disuarakan bahwa pelaksanaan Otsus tidak berhasil. Sehingga, muncul wacana Otsus akan dikembalikan kepada pemerintah pusat.

“Situasi ini perlu dikonsultasikan. Uang banyak diberikan ke Papua dan Papua Barat tetapi tidak ada regulasi yang baik. Sehingga, uang yang ada itu membuat para pejabat akhirnya terjerat dengan kasus hukum,” pungkasnya. |RASYID FATAHUDDIN|EDITOR : BUSTAM

Tinggalkan Balasan