Komisi C DPR Papua Barat foto bersama usai melakukan rapat internal, Selasa (27/2). |Elyas Estrada/Cahaya Papua

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Komisi C DPRD Papua Barat siap menjalankan tugas pokok dan fungsinya, menyusul telah dibagikannya Dokumen Pelaksana Anggaran kepada Organisasi Perangkat Daerah (DPA- OPD) oleh Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, Senin (26/2) lalu.

“Kita segera akan melakukan fungsi pengawasan. Hari ini (kemarin,red.) kita rapat koordinasi dengan Balai Pelaksana Jalan Nasional di Papua Barat yang tujuannya untuk memastikan ruas jalan mana saja yang menjadi kewenangan balai jalan dan mana yang sementara dalam pembangunan,” kata Ketua Komisi C, DPR Provinsi Papua Barat, Imanuel Yenu saat ditemui Cahaya Papua, Selasa (27/2).

Hasil rapat internal di Komisi C, sebut Yenu, ruas jalan nasional di Provinsi Papua Barat sepanjang 1.070 Km, dimana 60 persen diantaranya sudah tahap pengerjaan.

“Ruas jalan nasional mulai dari Manokwari-Sorong-Bintuni hingga Wondama, sekitar 60 persen sudah terealisasi. Ada yang masih dalam tahap pengerasan dan akan terus dipacu terus hingga pengaspalan,” ujarnya.

Untuk menyelesaikan ruas jalan itu, lanjut dia, membutuhkan biaya yang cukup besar serta waktu yang cukup lama, sekira dua tahun lagi. Ditanya soal agenda utama Komisi C, Yenu menjelaskan, agendanya adalah mempersiapkan program di tahun berikut dan mengawal apa yang sudah ditetapkan dalam APBD dan mengoptimalkan fungsi pengawasan.

“Program-program yang sudah ditetapkan tahun ini (2018), kami tetap dampingi dan mengawasi SKPD terkait,  karena manfaatnya untuk masyarakat,” ucapnya.

Yenu memastikan, setelah melakukan koordinasi dengan balai jalan, selanjutnya akan melakukan koordinasi dengan Balai Sumber Daya Air, Satker Cipta Karya dan Kementerian Perhubungan Papua Barat. “Kita tetap koordinasi dengan mereka terkait dengan program-program di daerah ini,”tandasnya. |Elyas Estrada

Leave a Reply