Ketua Komisi D DPR Papua Barat, Ortis F. Sagrim
Ketua Komisi D DPR Papua Barat, Ortis F. Sagrim

DPRPB Minta Anggaran Pembangunan RS Rujukan Ditambah

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Alokasi anggaran pembangunan rumah sakit rujukan perlu dimaksimalkan. DPR Papua Barat dengan pemerintah provinsi perlu mengevaluasi kembali memorandum of understanding tentang kegiatan pembangunan multi years rumah sakit tersebut.

Ketua Komisi D DPR Papua Barat (DPRPB), Ortis Sagrim mengatakan, pembangunan sarana kesehatan menjadi salah satu isu penting dalam konteks otonomi khusus.

“Pemerintah provinsi Papua Barat sudah melakukan itu. Kita berharap diakhir masa kepemimpinan gubernur Abraham Atururi, ada alokasi anggaran yang cukup besar supaya pembangunannya tidak terlihat tanggung atau parsial seperti itu,” kata Ortis, Minggu (23/10).

Kata dia, alokasi anggaran pembangunan rumah sakit kurang maksimal. Padahal kehadiran rumah sakit merupakan kebutuhan banyak orang terutama orang asli Papua yang ada di provinsi Papua Barat.

“Dana Otsus jelas peruntukannya sehingga fasilitas kesehatan harus memadai. Dana Otsus juga untuk pendidikan, infrastruktur dan pengembangan ekonomi kerakyatan,” ujar Otis.

Menurut Ortis, alokasi anggaran yang tidak maksimal dikuatirkan akan menghambat proses pembangunan rumah sakit. “Dukungan angaran itu sangat penting. Apalagi kita lihat pembangunan sering terkendala material,” ujarnya lagi. (ALF)

Tinggalkan Balasan