Yonadap Trogea

DPRPB Minta Dinas Pendidikan Selektif Realisasikan Beasiswa Luar Negeri

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Anggota Komisi D DPR Papua Barat, Yonadap Trogea mengimbau, Dinas Pendidikan supaya lebih selektif dalam memberikan bantuan beasiswa luar negeri kapada anak-anak asli Papua.

“Harapan kami, rekrut dan kirimlah anak-anak asli Papua yang berkualitas untuk mengenyam pendidikan di luar negeri. Yang terpeting adalah, disiplin ilmu yang langkah di Indonesia jangan yang sudah ada,” kata Yonadap, Selasa (5/4/2016)

Kata Yonadap, sebaiknya beasiswa pendidikan luar negeri harus bisa mencontohi provinsi Papua yang menjalin kerja sama dengan Pemerintah Rusia di Bidang pendidikan nuklir.

“Kalau displin ilmu yang sudah ada di Indonesia tidak perlu lagi diambil di luar negeri. Kita kirim ke luar negeri supaya mereka bisa menjadi spesialist dari satu disiplin ilmu,” ujarnya.

Menurutnya, program afirmatif action melalui beasiswa Otsus sudah kerjasama dengan 39 Universitas di Indonesia. Sehingga anggaran puluhan miliar itu tidak mubasir.

“Tahun Anggaran 2016 pemerintah kembali mengalokasikan anggaran bagi 53 mahasiswa di Jerman, 21 mahasiswa di China dan 20 mahasiswa di Australia. Kita berharap ini dibiayai penuh dan bisa selesai dengan baik,” pungkasnya. (ALF)

Tinggalkan Balasan