Ketua DPR Papua Barat, Pieters Konjol.

DPRPB: Raperdasus Pilkada Mengendap di Jakarta

MANOKWARI , Cahayapapua.com Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah Khusus (Raperdasus) tata cara pemilihan kepala daerah gubernur-wakil gubernur/bupati-wakil bupati dan Walikota-wakil walikota di provinsi Papua Barat mengendap ditingkat pusat.

Ketua DPR Papua Barat (DPRP), Pieters Konjol mengungkap Raperdasus tersebut telah dikonsultasikan sejak sebulan lalu. Meski demikian, hingga kini belum ada jawaban atau petunjuk terkait kelanjutan pembahasannya.

“Kita minta Raperdasus Pilkada yang sudah mengendap di Kementerian bisa dipercepat sehingga tidak mengganggu tahapan-tahapan Pilkada yang akan dilaksanakan,” kata Pieters Kondjol, Selasa (8/3/2016) lalu.

Sebelumnya, DPRPB membentuk tiga tim dan melakukan pertemuan dengan tiga lembaga penting negara yakni, BIN, Kemenkopolhukam dan Kemendagri. Inti dari pertemuan itu berkaitan dengan implementasi Otsus di Papua Barat.

Menurut Pieters, selain bertemu pihak-pihak tersebut, DPRPB juga telah melayangkan surat ke Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian lainnya untuk mempertanyakan hasil pembahasan Raperdasus tersebut.

Pieters menambahkan, pelaksanaan Pilkada di Papua Barat perlu diatur dengan regulasi khusus dalam rangka implementasi Otsus. Ia yakin, dalam waktu dekat ini segera ada hasil terkait upaya yang tengah dilakukan oleh DPRPB bersama pemerintah dan MRP Papua Barat.

“Kami berharap kalau bisa bulan Maret sudah ada hasil, karena Parpol juga telah melakukan penjaringan. Dan dalam waktu tidak lama juga, KPU akan membuka pendaftaran,” pungkasnya. |RASYID FATAHUDDIN

Tinggalkan Balasan