Kantor DPR Papua Barat

DPRPB Sahkan Sejumlah Perda Akhir Tahun Ini

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Badan Pembentuk Peraturan Daerah (Bapperda) DPR Papua Barat (DPRPB) menargetkan lima peraturan daerah berupa perdasi dan perdasus dapat disahkan di akhir tahun.

“Yang sangat urgen pertama, raperdasus tentang pemilihan anggota MRP-PB, perumahan bagi orang asli Papua, dan pembangian 2 persen dana Otsus serta sejumlah raperdasi yang masih harus dikonsultasikan dengan biro hukum,” kata Wakil Ketua DPRPB, Ranley Mansawan, Kamis (3/12/2015).

Diakui Ranley Mansawan, kinerja Bapperda belum maksimal karena Ketua Bapperda berhalangan melaksanakan tugas. Sementara wakilnya mengudurkan diri karena mengikuti pilkada.

Menurutnya, Bapperda telah melakukan rapat internal yang bertujuan untuk mengganti pimpinan yang berhalangan. Sehingga tiga wakil ketua yang ada memimpin rapat-rapat. “Secara exofficio tiga wakil pimpinan yang memimpin. Jadi, kita tidak mengganti atau menunju pengganti ketua,” ujar dia.

Sejumlah peraturan daerah itu diyakini dapat diselesaikan di akhir tahun, karena pembahasannya dilakukan bersamaan dengan pembahasan anggaran. Meski demikian, DPRPB lebih awal akan menetapkan program peraturan daerah (properda) tahun 2015.

“Rapat Bapperda ini berjalan sesuai agenda RAPBD. Rapat APBD berjalan, tetapi anggota bapperda tetap rapat. Jadi pembahasannya bersamaan. Yang urgen, kita selesaikan tahun ini,” ujar Ranley lagi. |Rasyid Fatahuddin|EDITOR : BUSTAM