Ketua DPR Papua Barat, Pieters Kondjol

DPRPB Segera Sahkan Raperdasus Tata Cara Pemilihan Kepala Daerah

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Ketua DPR Papua Barat (DPRPB), Pieters Kondjol mengatakan, segera membahas dan mengesahkan rancangan peraturan daerah khusus (Raperdasus) tata cara pemilihan kepala daerah.

“Kalau sampai konsultasi yang kami lakukan belum juga memberikan hasil yang jelas maka, kami akan berpikir dan kembali untuk mengesahkan Raperdasus (Pilkada) tersebut,” kata Pieters Kondjol kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (29/3/2016).

Pieters mengatakan, agenda konsultasi dengan Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri akan dilaksanakan pada 5-10 April mendatang. Agenda pertemuan itu dilakukan bersamaan dengan kegiatan kunker ke luar daerah.

Menurutnya, DPRPB mendukung aspirasi yang disampaikan oleh kelompok mahasiswa dan masyarakat yang menghendaki dilakukannya pengesahan Raperdasus Pilkada menjadi sebuah produk hukum daerah.

Diakunya, sejak diserahkan pada September 2015 lalu, Raperdasus tersebut telah berada di tangan Dirjen Otonomi Daerah untuk dibahas di tingkat Kementerian lebih kurang tujuh bulan lamanya.

“Perdasus tersebut hanya berlaku di Papua dan Papua Barat sehingga kami juga akan melakukan sinkronisasi dengan penyelenggara yakni, KPU dan Bawaslu,” ujar Pieters Konjdol. (ALF)

Tinggalkan Balasan