Sidang kode etik di Polres Teluk Bintuni

Dua Anggota Polres Teluk Bintuni Jalani Sidang Kode Etik Profesi

BINTUNI, Cahayapapua.com— Diduga melanggar kode etik kepolisian Republik Indonesia, dua anggota Polres Teluk Bintuni menjalani sidang Kode Etik Profesi Polri, di ruang rapat Mapolres Teluk Bintuni, SP 5, Distrik Bintuni, Kamis (26,1) pekan kemarin.

Bertindak sebagai Ketua Komisi Sidang Kode Etik langsung dipimpin oleh Wakapolres Teluk Bintuni Kompol Ilhamsyah, Wakil Ketua Komisi Kompol M. Gasirarie, Anggota Komisi Kompol Jupri Tampubolon, Sekertaris Komisi Ipda H. Karjo dan Ipda Karno. Tim Pendamping AKP Resti Arini dan Bripka Hery Karapa. Tim Penuntut Ipda Irwan Tandirura, dan dihadiri oleh personil Polres Teluk Bintuni.

Oknum personil yang menjalani sidang kode etik tersebut yakni Briptu AP yang sebelumnya bertugas di Satuan Sabhara Polres Teluk Bintuni. Diduga melakukan pelanggaran yang sangat berat, komisi sidang kode etik memberi keputusan berupa menjatuhkan sanksi Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) sebagai Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia. Sesuai dengan Purusan Sidang Komisi Kode Etik Profesi Polri Nomot: PUT KKEPP/ 01/ I/ 2017/ KKEP.

Sementara anggota oknum lainnya yakni Briptu HT yang juga sebelumnya bertugas di Satuan Sabhara Polres Teluk Bintuni Pos KP2 Bandara Bintuni, diduga melakukan pelanggaran yang tidak berat yakni diduga sering tidak menjalankan tugas.

Atas pelanggaran tersebut, komisi sidang kode etik memberi keputusan berupa, dipindah tugaskan ke fungsi berbeda yagn bersifat demosi sekurang-kurangnya satu tahun, sesuai Purusan Sidang Komisi Kode Etik Profesi Polri Nomot: PUT KKEPP/ 02/ I/ 2017/ KKEP.

Mengenai putusan tersebut, Briptu AP tidak mau menerima dan akan mengajukan banding.

Kapolres Teluk Bintuni, AKBP Dewa Made Sidan Surahna, melalui Kasub Humas, AKP Akbar membenarkan adanya sidang kode etik tersebut. Namun pihaknya belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut karena semua keputusan ada di Polda Papua Barat. “Sidang telah dilaksanakan, mengenai putusan ada di Polda, sidang berlangsung aman dan kondusif,” katanya. (ART)

Tinggalkan Balasan