Dua Unit Usaha Lokal Binaan Tangguh LNG Eskpansi Pasar

SORONG, Cahayapapua.com— Dua unit usaha yang berdiri sebagai bagian dari Program Tangguh LNG untuk Pengembangan Kewirausahaan Masyarakat Asli, yaitu PT SUBITU Kreasi Busana (SKB) dan PT SUBITU Karya Teknik (SKT) resmi membuka kantor cabang mereka di kota Sorong, Selasa (21/3). Pembukaan kantor cabang ini merupakan bagian dari ekspansi pasar SUBITU untuk dapat mengembangkan pangsa konsumen di Papua Barat.

Tangguh LNG, yang dioperasikan oleh BP Indonesia,  dalam siaran pers yang diterima Cahaya Papua menyatakan mendukung pendirian SUBITU pada bulan Agustus 2015 sebagai upaya pemberdayaan masyarakat asli di kawasan Teluk Bintuni seperti tercantum dalam komitmen AMDAL perusahaan tersebut. Sejak berdiri, SKB dan SKT diklaim telah berhasil meraih total transaksi lebih dari dua miliar Rupiah hanya dari konsumen asal kota Bintuni.

Bertempat di Kompleks Ruko Hotel City View, peresmian kantor cabang pertama ini turut dihadiri oleh perwakilan pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni, perwakilan pemerintah Provinsi Papua Barat, dan perwakilan BP Indonesia.

“Ekspansi pasar ini mengukuhkan usaha peningkatan kapabilitas masyarakat Teluk Bintuni dalam menjalankan kegiatan usaha yang berkesinambungan dan merupakan bukti dari keberhasilan anak-anak asli Teluk Bintuni. Hal ini tentu saja sejalan dengan visi kami yang diawali sebagai pihak pemberi manfaat untuk mulai berubah menjadi mitra usaha bagi masyarakat asli,” ucap Desy Unidjaja, Vice President Communications & External Affairs BP Indonesia.

SKB merupakan unit usaha pembuatan barang kebutuhan berbasis bahan baku kain yang digawangi 26 anggota masyarakat dari tujuh suku di Teluk Bintuni. Mereka menerima pelatihan dari produsen pakaian ternama asal Bandung, C59. Saat ini, SKB telah melayani permintaan pakaian baik secara eceran melalui toko maupun pemesanan grosir dari berbagai instansi swasta dan pemerintahan.

Sedangkan SKT dijalankan oleh para teknisi yang telah memiliki sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi. SKT melayani perawatan AC dan unit pendingin lainnya di berbagai lokasi di kota Bintuni; dan terdaftar sebagai satu-satunya mitra resmi perawatan AC dan unit pendingin Panasonic di Papua Barat.

“Melalui Program Pengembangan Berkelanjutan Tangguh, kami secara langsung mendukung pembangunan di sektor kesehatan, ekonomi, pendidikan dan pelatihan, serta dalam hal tata kelola pemerintahan. Hingga kini, Tangguh telah menanamkan lebih dari US$ 30 juta melalui program sosial.”

BP, sebagai operator Tangguh LNG merupakan salah satu kontraktor kontrak kerja sama (Kontraktor KKS) yang dalam melaksanakan operasinya berada dalam pengawasan dan pengendalian SKK Migas, sebagai wakil pemerintah. (*/DEL)

Tinggalkan Balasan