Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik bertemu Gubernur Papua Lukas Enembe di Papua. Moazzam dijadwalkan ke Papua Barat dan bertemu Gubernur Papua Barat Abraham Atururi hari ini. Foto Katharina Janur

Dubes Inggris Hari Ini Temui Gubernur Papua Barat

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Hari ini Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik beserta rombongan akan menemui Gubernur, Kapolda Papua Barat dan Rektor Universitas Papua (Unipa).

“Sesuai agenda rombongan Dubes akan tiba di Bandara Rendani besok (hari ini), pukul 12.25 WIT, dengan menggunakan pasawat Garuda GA-699,” kata Asisten I Setda Papua Barat H Musa Kamudi, di ruang kerjanya, Rabu (20/1/2016).

Dia mengatakan rombongan akan disambut langsung oleh Gubernur Papua Barat Abraham O. Atururi. Dari Bandara, Rombongan akan bergerak menuju kantor Gubernur.

Pertemuan terbatas antara gubernur dengan dubes akan dilaksanakan pada pukul 13.35 WIT. Sesuai agenda, pertemuan itu akan berlangsung selama satu jam.
Selanjutnya pukul 14.15 WIT, Dubes beserta rombongan bertolak menuju Mapolda Papua Barat, pukul 15.00 WIT. Dubes akan melakukan pertemuan dengan Kapolda.

“Setelah melakukan pertemuan di Mapolda, Dubes akan memberikan kuliah umum di Unipa pada pukul 16.30. pukul 18.30 sampai 20.00 WIT, akan digelar jumpa pers bersama wartawan sekaligus makan malam bersama,”kata dia.

Musa menyebut, sejauh ini pihaknya belum mengetahui agenda yang akan dibahas pada pertemuan antara Dubes dengan Gubernur.

Kehadiran Dubes beserta rombongan akan disambut secara resmi, pada pertemuan itu gubernur akan mendengar maksud dan tujuan kunjungan ini, yakni hal-hal yang menjadi perhatian Pemprov, terutama menyangkut kegiatan yang perlu kita lakukan bersama-sama. “Pada kunjungan Dubes Amerika Serikat, Senin kemarin isu lingkungan hidup dan, dukungan atas implementasi otsus, isu pendidikan, kesehatan yang menjadi perhatian,”

Pemprov pun berharap pertemuan dengan Dubes Inggris, menghasilkan kerja sama program antara pemerintah Inggris dengan pemerintah Indonesia, serta mengarahkan dukungan program yang akan dilaksanakan untuk provinsi ini. Sehingga, dapat membantu pemerintah provinsi dan kabupaten kota dalam pencapaian program pembangunan.

“Kita akan mendengar secara langsung dari Dubes, apa program yang dapat dilaksanakan secara langsung di Papua Barat” ujar Kamudi.

Kunjungan ini, kata Kamudi, kemungkinan juga untuk melakukan evaluasi dukungan program pemerintah Inggris yang telah berjalan di Provinsi ini.

Setelah pertemuan dengan Gubernur, tambah Kamudi, akan diberikan kesempatan kepada wartawan untuk wawancara, mempertanyakan langsung kepada Dubes tentang maksud kedatangan mereka, serta materi yang dibahas pada pertemuan tersebut.

Dalam kunjungan ini, Dubes pun menjadwalkan kunjungan ke Kabupaten Teluk Bintuni, untuk menemui manajemen British Petroleum atau BP di Kantor BP Tangguh.

Setelah pertemuan dengan manajemen BP Tangguh di Bintuni, rombongan Dubes dijadwalkan kembali ke Manokwari dan melanjutkan perjalanan menuju Jakarta. | MUHAMMAD RIZALDY | EDITOR : TOYIBAN